Sunday, May 22, 2022
HomeReksadanaResiko Rendah dengan Investasi Reksa Dana

Resiko Rendah dengan Investasi Reksa Dana

Saat ini banyak sekali pilihan investasi yang terkadang membuat orang bingung dan sulit untuk memilih mana yang menjadi pilihan terbaik untuk berinvestasi. Bagi Anda yang masih pemula dalam dunia investasi, Reksa Dana merupakan pilihan investasi yang tepat dan bisa menjadi salah satu pilihan investasi terbaik.

Reksa dana memiliki arti bahwa Anda membeli unit Reksa Dana dan mempercayakan Manajer Investasi (MI) untuk mengelolanya dalam berbagai produk seperti obligasi, deposito, dan saham.

Dengan risiko yang relatif kecil, keuntungan yang diperoleh akan lebih tinggi dari sekedar menabung di bank. Untuk mengetahui secara detail tentang keuntungan ketika Anda berinvestasi dengan Reksa Dana, berikut kami rangkum beberapa keuntungan berinvestasi menggunakan Reksa Dana.

Keuntungan Investasi Menggunakan Reksa Dana

Lebih Transparan

Reksa dana adalah pilihan investasi yang transparan. Anda dapat memantau keuntungan, biaya, dan risiko secara online kapan saja.

MI sebagai pengelola reksa dana juga wajib mengumumkan Nilai Aktiva Bersih setiap hari di surat kabar dan mempublikasikan laporan keuangan tengah tahunan dan tahunan serta prospektus secara berkala.

Biaya Terjangkau dan Jumlah Pengembalian

Reksa dana merupakan investasi yang cocok untuk pemula karena biayanya yang terjangkau dan imbal hasil yang tinggi. Biaya investasi awal hanya Rp 10.000, oleh karena itu reksa dana menjadi pilihan tepat untuk investasi anak muda masa kini.

Dengan nilai awal yang rendah ini, Anda tentu tidak perlu takut rugi jika tidak pandai berinvestasi. Namun perlu diingat bahwa jika Anda menghitungnya dengan cermat, keuntungan dari investasi reksa dana lebih tinggi daripada investasi emas.

Bloomberg, situs bisnis ekonomi yang merilis perbandingan keuntungan keduanya selama 5 tahun terakhir, mengatakan investasi reksa dana obligasi memiliki imbal hasil beberapa persen lebih tinggi dari investasi emas.

Memiliki Likuiditas Tinggi

Reksa dana merupakan pilihan investasi yang memiliki nilai likuiditas tinggi. Semakin perusahaan memiliki likuiditas yang tinggi maka semakin dipercaya perusahaan tersebut karena kemampuannya dalam membayar kewajiban jangka pendeknya juga baik.

Dengan likuiditas yang tinggi, investor dapat menarik Unit Penyertaannya setiap saat sesuai dengan ketentuan yang dibuat oleh masing-masing reksa dana.

Lebih aman

Reksa dana merupakan pilihan investasi dengan keamanan yang dapat diandalkan. Dana investasi dari reksa dana yang disimpan sebenarnya tidak langsung dimiliki oleh perusahaan MI melainkan disimpan dalam rekening bank khusus yang disebut dengan bank kustodian. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika dana Anda akan diambil oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Apa Keuntungan Investasi Reksa Dana?

Mudah Dikelola

Dengan bantuan Manajer Investasi, Reksa Dana menjadi pilihan yang tepat untuk berinvestasi karena mudah dikelola. Anda tidak perlu repot mengamati dan menganalisa pasar saham yang cukup rumit.

Manajer Investasi Reksa Dana Anda sepenuhnya ditanggung oleh Manajer Investasi yang telah mendapat izin dari otoritas jasa keuangan tertinggi. Tentukan reksa dana mana yang akan Anda beli. pilihan manajer investasi yang berpengalaman dengan rekam jejak yang handal.

Risiko Dapat Dikurangi

Reksa dana adalah pilihan investasi yang dapat diinvestasikan dalam puluhan bahkan ratusan saham dan/atau obligasi, yang biasa disebut dengan unit penyertaan. Anda dapat mengurangi risiko secara otomatis dengan tidak hanya mengandalkan satu investasi seperti jika Anda memilih untuk berinvestasi pada saham individu.

Jadi, jika Anda berinvestasi di Reksa Dana di 20 perusahaan dan 3 di antaranya memiliki risiko merugi, Anda tidak perlu khawatir karena ada kemungkinan puluhan perusahaan lain tidak mengalami kerugian atau justru mengalami keuntungan. Demikian artikel tentang resiko rendah dengan investasi reksa dana semoga bermanfaat.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular