Sunday, May 22, 2022
HomeReksadanaCara Berinvestasi Reksadana yang Perlu Anda Ketahui

Cara Berinvestasi Reksadana yang Perlu Anda Ketahui

Cara Berinvestasi Reksadana yang Perlu Anda KetahuiReksadana merupakan salah satu jenis produk investasi dimana dana investasi dari sejumlah investor dikumpulkan dan ditampung menjadi satu produk investasi. Dana investasi yang terkumpul kemudian diinvestasikan dalam kelompok aset untuk mencapai tujuan investasi.

Orang tertarik untuk berinvestasi di Reksadana karena jenis investasi ini memiliki beberapa keunggulan. Seperti diversifikasi yang membuat investasi Anda lebih aman. Dalam Reksadana, uang yang Anda dapat investasikan digabungkan dengan uang orang lain yang juga berinvestasi.

Reksadana dapat menawarkan berbagai jenis investasi sehingga Anda sebagai investor akan lebih mudah dapat melakukan diversifikasi dapat dibandingkan dengan obligasi individu dan kepemilikan saham. Anda dapat merasakan manfaat dari diversifikasi ini ketika ada beberapa kinerja investasi yang buruk. Anda masih bisa mendapatkan keuntungan dari investasi Anda yang lain.

Keuntungan lain dari Reksadana adalah Anda dibantu oleh manajer investasi. Manajer investasi yang menentukan pembelian dan penjualan investasi, dan melaporkan nilai investasi Reksadana setiap hari perdagangan. Untuk memulai jenis investasi ini, Anda bisa memulainya dengan biaya yang terjangkau seperti mulai dari 100 ribu. Penyedia produk Reksadana juga beragam, mulai dari manajer investasi, bank, hingga platform online. Hal ini membuat pembelian lebih mudah.

Cara Berinvestasi Di Reksadana

Tentukan Strategi Aktif Atau Pasif

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan ketika berinvestasi di Reksadana adalah memilih strategi investasi Reksadana. Ada 2 strategi yang bisa dipilih, aktif atau pasif. Cara berinvestasi di Reksadana dengan strategi aktif dapat dikelola oleh manajer investasi secara lebih agresif. Manajer portofolio investasi Anda akan meneliti dan membeli investasi dengan tujuan menghasilkan pengembalian yang tinggi di atas harga pasar.

Strategi aktif ini membutuhkan dana lebih banyak daripada strategi pasif karena membutuhkan lebih banyak usaha dari manajer profesional. Untuk opsi ini, Anda tidak perlu menghabiskan banyak strategi aktif karena biaya pengelolaannya rendah. Pengembalian yang dihasilkannya juga mengikuti pasar/indeks, tidak berusaha menghasilkan nilai di atasnya.

Menghitung Anggaran

Investasi Reksadana telah menjadi metode investasi paling populer di kalangan generasi muda Indonesia. Hal ini karena Reksadana lebih aman, lebih murah, dan lebih mudah didapat. Anda dapat membeli Reksadana melalui manajer investasi, melalui bank, atau melalui penyedia Reksadana online.

Dalam memutuskan dari mana membeli Reksadana, baik itu dari bank, manajer investasi, atau dari platform online, itu kembali ke tujuan dan rencana keuangan Anda. Satu hal yang pasti harus diperhatikan dengan matang adalah menghitung anggaran yang dibutuhkan. Dalam mengumpulkan dana untuk investasi, Anda harus bersabar.

Aturan sederhananya, Anda harus rela mendepositokan uang Anda dalam waktu lama untuk mendapatkan return yang tinggi. Penyedia Reksadana memiliki batas minimum bagi investor untuk membuka rekening dan mulai berinvestasi. Harga minimum ini bervariasi tergantung pada penyedia layanan.

Perhatikan Biaya

Kembali ke topik strategi investasi Reksadana aktif dan pasif. Strategi aktif dikelola dengan layanan yang lebih besar, ini berarti biaya yang harus Anda keluarkan semakin besar. Secara umum ada 3 biaya yang harus dikeluarkan oleh seorang investor Reksadana, yaitu biaya pembelian, penjualan, dan switching.

Untuk produk Reksadana pasar uang, beberapa manajer investasi tidak mengenakan biaya jual beli. Sedangkan untuk produk selain itu, biaya jual beli yang ditentukan dapat berbeda-beda. Kisaran harga umumnya berkisar antara 0 hingga 5%.

Demikianlah ulasan tentang cara berinvestasi reksadana yang perlu anda ketahui semoga bermanfaat.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular