Tuesday, January 25, 2022
HomeReksadanaApa Sih Reksadana Dan Bagaimana Cara Berinvestasi

Apa Sih Reksadana Dan Bagaimana Cara Berinvestasi

Apa Sih Reksadana Dan Bagaimana Cara Berinvestasi- Apa Sih Reksadana. Reksa dana adalah salah satu instrumen investasi paling populer bagi investor pemula. Simak penjelasan lengkapnya apa itu reksa dana dan cara berinvestasi selengkapnya. Apa yang terlintas di benak Anda ketika ditanya, Apa itu reksa dana.

Bagi investor pemula, reksa dana seringkali menjadi pilihan investasi. Reksa dana terbagi menjadi beberapa jenis yang masing-masing memiliki risiko. Jika Anda berinvestasi di deposito bank, Anda akan dikenakan pajak 20% sehingga akan mempengaruhi keuntungan Anda meskipun bunga yang ditawarkan cukup tinggi.

Sedangkan melalui reksa dana, keuntungan Anda tidak dipotong pajak. Saat ini juga tersedia berbagai platform investasi berbasis digital yang memudahkan Anda. Sehingga kegiatan investasi sebagai sumber passive income menjadi lebih mudah.

Dana Terbuka

Jadi, reksa dana terbuka dapat dibeli kapan saja tanpa ada periode jual beli. Sedangkan untuk dijual kembali kepada perusahaan Manajer Investasi yang menerbitkannya akan dibuka setiap saat selama jam buka bursa. Karena jumlah unit tidak terbatas, reksa dana terbuka diperdagangkan pada akhir hari saat perdagangan berhenti. Dari situ kita bisa melihat harga penutupan. Reksa dana dibagi menjadi beberapa jenis berdasarkan portofolionya, sebagai berikut:

Reksa Dana Pasar Uang

Reksa dana pasar uang adalah reksa dana yang berinvestasi pada instrumen pasar uang dengan jangka waktu kurang dari satu tahun. Reksa dana pasar uang akan dikelola di pasar uang dalam bentuk surat utang seperti deposito, obligasi, dan SBI (Sertifikat Bank Indonesia).

Keunggulan Reksa Dana Pasar Uang:

Stabil dan cenderung tidak fluktuatif, Liquid (mudah dilikuidasi, umumnya T+2 setelah pasar modal memberikan instruksi pencairan), Tidak ada biaya pembelian dan penjualan, Risiko terendah di dunia reksa dana.

Kekurangan Reksa Dana Pasar Uang: Keuntungannya jauh lebih rendah daripada re ksadana lain, Risiko penarikan dalam jumlah besar (Redemption). Reksadana Pendapatan Tetap (Reksadana Pendapatan Tetap). Cocok untuk kamu yang ingin berinvestasi menengah dari 1-3 tahun.

  • Keunggulan Reksadana Pendapatan Tetap: NABnya cenderung naik dan stabil, Bebas pajak obligasi, Dananya likuid dan waktu menyediakannya fleksibel.
  • Kekurangan Reksadana Pendapatan Tetap: Risikonya lebih tinggi dibanding reksadana pasar uang, Reksadana Campuran, Perbandingannya yaitu 80%nya diisi saham atau obligasi.
  • Keuntungan reksadana campuran: Pengembaliannya cenderung lebih besar dibandingkan reksadana pasar uang dan pendapatan tetap, Risikonya relatif lebih rendah dibandingkan reksa dana saham.
  • Kekurangan Reksadana Campuran: Bergantung pada kinerja Manajer Investasi, Tidak dijamin LPS maupun pemerintah tetapi tetap memastikan OJK.

Macam-Macam Reksadana Campuran

  • Reksadana Campuran Defensif
  • Reksadana Campuran Berimbang
  • Reksadana Campuran Dinamis
  • Reksadana Campuran Agresif

Reksadana Saham (Reksa Dana Saham)

Reksadana saham adalah reksadana yang mengalokasikan dana minimal 80% dari total aktiva dalam bentuk saham. tujuannya yaitu untuk keuntungan yang tinggi. Cocok bagi Anda yang ingin berinvestasi dalam jangka panjang dengan profil risiko agresif. Keunggulan Reksadana Saham:

  • Returnnya paling tinggi dibanding jenis reksa dana lainnya.
  • Kekurangan Reksadana Saham:
  • Risikonya lebih besar dibanding jenis reksa dana lainnya.

Cara Investasi Reksadana

Berikut ini gambaran cara kerja reksadana yang dapat memudahkan Anda untuk memahami perbedaan reksadana dengan instrumen investasi lainnya. Berikut cara investasi reksadana bagi pemula:

Profil Risikomu Kenali

Sebelum memilih jenis reksadana Anda harus mengenali profil risikomu. Profil risiko dibagi menjadi 3 yaitu:

  • Profil Risiko Agresif
  • Profil Risiko Sedang
  • Profil Risiko Konservatif

Paham Jenis Reksadana yang Kamu Pilih

Dengan mengenali instrumen untuk meminimalkan kemungkinan terjadinya kerugian. Ingat yaa meminimalisir bukan meniadakan.

Siapkan Uang Dingin Khusus Berinvestasi

Itulah penjelasan lengkap apa itu reksadana berikut dengan cara memulai investasinya yang dapat kamu praktikkan. Apakah kamu tertarik untuk mulai berinvestasi. Selain investasi reksadana, kini kamu dapat berinvestasi pada beragam bisnis yang menguntungkan melalui platform investasi berbasis sekuritas Mulai investasi atau ekspansi bisnismu bersama kami.

Demikian penjelasan dari saya tentang Apa Sih Reksadana dan bagaimana cara berinvestasi semoga bermanfaat, terimakasih.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular