Sunday, January 23, 2022
HomeReksadanaKenali Dulu Investasi Reksadana

Kenali Dulu Investasi Reksadana

Kenali Dulu Investasi Reksadana- Investasi Reksadana Manfaat dan Cara Kerjanya. Mulai dari investasi emas hingga investasi saham, ada banyak perusahaan atau tempat yang menyediakan tempat bagi Anda yang ingin berinvestasi. Reksadana merupakan produk investasi layaknya deposito di bank.

Reksa dana akan menjadi wadah uang dari masyarakat yang kemudian akan digunakan untuk membeli seperangkat surat berharga, baik berupa saham, obligasi, deposito, atau lainnya yang dikelola oleh manajer investasi. Berikut Jenis Reksadana yang perlu anda ketahui.

Reksa Dana Pasar Uang (Money Market Fund)

Reksa dana pasar uang adalah jenis reksa dana yang berinvestasi pada instrumen dengan jangka waktu kurang dari satu tahun. Bentuk instrumen investasi tersebut berupa deposito berjangka (term deposit), sertifikat deposito (certificates of deposit), Sertifikat Bank Indonesia (SBI), Surat Berharga Pasar Uang (SBPU) dan berbagai jenis instrumen investasi pasar uang lainnya.

Dana Pendapatan Tetap

Reksa dana ini merupakan jenis reksa dana yang menginvestasikan minimal 80 persen asetnya dalam bentuk surat utang atau obligasi. Tujuannya adalah untuk menghasilkan tingkat pengembalian yang stabil. Risikonya relatif lebih besar dibandingkan reksa dana pasar uang.

Reksa Dana

Hampir sama dengan reksa dana pendapatan tetap yang menginvestasikan minimal 80 persen asetnya, namun untuk reksa dana saham berbentuk efek ekuitas. Tujuannya adalah untuk menumbuhkan harga saham atau satuan dalam jangka panjang.

Reksa Dana Berimbang

Reksa dana campuran adalah jenis reksa dana yang mengalokasikan dana investasinya dalam berbagai portofolio. Instrumen investasi dapat berupa saham dan digabungkan dengan obligasi. Tujuannya adalah pertumbuhan harga dan pendapatan.

Cara Kerja Pembalikan Reksa Dana

Jadi jika Anda ingin berinvestasi di reksa dana, Anda bisa menggunakan bank yang Anda percaya.

Manajer investasi akan menghimpun dana dari nasabahnya

Dana yang telah terkumpul akan diinvestasikan pada sejumlah instrumen investasi yang telah disepakati sebelumnya dengan nasabah. Informasi yang diberikan mengenai kinerja produk, komposisi aset dan portofolio efek. Manajer investasi akan memangkas biaya operasional berupa rasio biaya yang akan dibebankan kepada nasabah.

Keuntungan Investasi Reksa Dana

Membawa berbagai peluang keuntungan, keuntungan bisa menyentuh angka 20% per tahun. Anda sudah bisa melakukannya secara online, karena ada banyak platform yang menyediakan reksa dana secara online.

Saat ini banyak orang yang melirik investasi saham karena return-nya yang tinggi. Padahal kedua jenis investasi ini berbeda. Apa perbedaan antara investasi saham langsung dan reksa dana? Inilah perbedaannya:

Manajer Dana

Dana dikelola langsung oleh investor. Tapi Anda bisa meminta saran dari broker untuk bermain saham. Karena dana dikelola secara mandiri, Anda harus menyiapkan waktu untuk memantau pergerakan saham.

Anda juga harus benar-benar memahami teknik bermain saham agar keuntungan yang Anda dapatkan bisa maksimal. Reksadana tersebut akan dikelola oleh manajer investasi. Anda hanya perlu menunggu bagaimana manajer investasi mengelola portofolio Anda dengan bijak.

Tingkat Risiko

Tingkat risiko berinvestasi di saham memang lebih tinggi dibandingkan reksa dana. Terutama bagi investor pemula. Tingkat risiko reksa dana lebih rendah dibandingkan investasi saham langsung. Karena dana dikelola oleh manajer investasi, Anda akan dikenakan biaya untuk agen pengelola.

Selain itu, biasanya Anda juga akan dikenakan potongan harga setiap kali melakukan penarikan dana. Nah itu dia beberapa panduan yang bisa mempertimbangkan saat akan berinvestasi saham. Jadi, keputusan ada di tangan Anda.

Jika Anda menginginkan investasi yang tidak mengganggu Anda dalam hal risiko dan memutuskan kapan harus membeli atau menjual dan lebih mudah membuat perencanaan keuangan. Maka reksadana adalah pilihan yang tepat.

Sedangkan bagi Anda yang bisa menganalisa saham atau mengetahui cara bermain saham dengan baik sehingga memiliki potensi keuntungan yang lebih tinggi, Anda bisa memilih investasi saham langsung. Demikian penjelasan dari saya tentang kenali dulu Investasi Reksadana semoga bermanfaat, terimakasih.

 

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular