Tuesday, January 25, 2022
HomeReksadanaInvestasi Risiko Minim Untuk Di Reksa dana Kalian Harus Tau

Investasi Risiko Minim Untuk Di Reksa dana Kalian Harus Tau

Investasi Risiko Minim Untuk Di Reksadana Kalian Harus Tau- Reksa Dana Pendapatan Tetap Investasi Risiko Rendah. Berbeda dengan jenis reksa dana lainnya, sebagian besar alokasi investasi reksa dana pendapatan tetap ditempatkan pada efek bersifat utang. Lantas, benarkah investasi ini minim risiko, namun memberikan imbal hasil yang tinggi.

Ada banyak jenis reksa dana yang bisa kita pilih, salah satunya reksa dana pendapatan tetap (RDPT). Bisa dibilang reksa dana jenis ini merupakan investasi yang memiliki risiko minimal, namun memberikan return yang cukup tinggi.

Reksa dana pendapatan tetap merupakan salah satu jenis reksa dana yang asetnya minimal 80% berupa surat utang atau biasa kita kenal dengan obligasi. Menariknya, obligasi yang diterbitkan juga bisa dari pemerintah atau perusahaan (korporasi). Penyaluran reksa dana terkelola terbesar di Indonesia dikuasai reksa dana pendapatan tetap sebesar 26,81%, disusul ekuitas. Reksa dana 23,34% dan reksa dana pasar. uang sebesar 18,7%.

Keuntungan Investasi Reksa Dana Pendapatan Tetap: Melihat tren peningkatan minat investor pada jenis investasi ini, tentu saja membuat kita bertanya-tanya apa kelebihan reksa dana pendapatan tetap dibandingkan dengan jenis reksa dana lainnya.

Dikelola oleh manajer investasi

Berbeda dengan instrumen investasi lainnya, berinvestasi di reksa dana tidak perlu repot menghitung dan mengelola uang yang kita setorkan. Pasalnya, kami akan dibantu oleh para profesional atau biasa disebut Manajer Investasi (MI).

Modal investasi kecil

Keuntungan reksa dana pendapatan tetap selanjutnya adalah bisa dimulai dengan modal kecil. Yup, betul sekali, karena kita bisa mulai berinvestasi hanya dari Rp 100.000 saja. Jadi, tidak ada alasan untuk menunda berinvestasi.

Keuntungan lebih tinggi dari deposit

Meski dimulai dari modal kecil, keuntungan yang diberikan cukup tinggi. Padahal, reksa dana jenis ini memberikan imbal hasil yang lebih tinggi dibandingkan reksa dana deposito dan pasar uang (RDPU). Biasanya, return reksa dana pendapatan tetap bisa mencapai 7%-8% per tahun. Bahkan, tidak jarang beberapa produk memberikan return hingga 9% per tahun.

Risiko minimal

Tak kalah menarik, keunggulan RDPT selanjutnya adalah minim risiko. Namun, risiko minimal tidak berarti sangat aman. Satu hal yang membedakan reksa dana jenis ini adalah kategori risiko sedang; medium. Artinya risiko yang diberikan akan lebih rendah dibandingkan reksa dana saham, namun lebih tinggi dari reksa dana pasar uang.

Cocok untuk investor moderat

Berkaitan dengan poin sebelumnya, karena risikonya sedang, tentu tidak mengherankan jika reksa dana jenis ini sangat cocok untuk investor moderat. Jadi, sangat cocok untuk Mama dan Papa yang bertipe konservatif, atau mencari keamanan dan ingin lebih tenang daripada saat berinvestasi saham. Agar lebih percaya diri dan tidak salah dalam memilih, pastikan Anda mengetahui profil risiko kita sebagai investor, ya.

Bukan investasi jangka panjang

Seperti kita ketahui, reksa dana pasar uang direkomendasikan untuk investasi jangka pendek. Kemudian, reksa dana saham untuk investasi jangka panjang. Sedangkan reksa dana jenis ini cocok untuk investasi jangka menengah, atau 1-3 tahun. Hal ini didasarkan pada Nilai Aktiva Bersih (NAB) yang cenderung stabil dan terus meningkat dalam rentang waktu tersebut.

Dapat ditarik kapan saja

Satu lagi keuntungan yang tidak kalah menarik adalah dapat ditarik kapan saja selama hari perdagangan. Hanya saja, kita masih perlu menunggu maksimal 7 hari sampai uang masuk ke rekening pribadi kita. Oleh karena itu, untuk mencegah urgensi yang tidak terduga, disarankan untuk menyiapkan dana darurat terlebih dahulu. Demikian penjelasan dari saya tentang Investasi Risiko minim untuk di reksadana kalian harus tau semoga bermanfaat, terimakasih.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular