Sunday, January 23, 2022
HomeReksadanaInvestasi Reksadana yang Cocok untuk Pelajar

Investasi Reksadana yang Cocok untuk Pelajar

Investasi Reksadana Cocok Untuk Pelajar- Apa itu investasi reksa dana, apa saja jenisnya dan bagaimana memulainya. Lihat disini, Siapa bilang mahasiswa tidak bisa memiliki investasi sendiri, Oleh karena itu, mahasiswa masa kini pasti mengenal istilah investasi, salah satunya Investasi Reksadana.

Hanya dengan modal minimal Rp100.000, Anda sudah bisa menikmati potensi keuntungan berinvestasi sekaligus belajar mengelola keuangan Anda di masa depan. Dana yang terkumpul akan dikelola oleh manajer investasi dalam portofolio. Jadi, Anda tidak perlu terlalu khawatir dalam mengelola dan menghitungnya. Begini alasan mengapa kamu harus memilih reksadana:

Murah

Untuk memulai investasi ini, Anda tidak memerlukan modal yang banyak, hanya membutuhkan sedikit uang dan waktu. Untuk memulai, Anda hanya perlu menyiapkan Rp. 100.000. Sangat terjangkau bukan?

Return atau hasil yang relatif tinggi

Pengembalian investasi ini relatif tinggi dibandingkan produk perbankan lainnya. Imbal hasil yang ditawarkan reksa dana bisa mencapai 8 hingga 20 persen per tahun. Namun tentunya return ini tergantung dari jenis reksa dana yang Anda pilih.

Risiko kerugian minimal

Nah, berbeda dengan investasi lainnya, reksa dana tidak memiliki bentuk fisik. Jadi, Anda bisa menginvestasikan dana Anda tanpa harus takut kehilangan aset yang Anda miliki.

Likuiditas tinggi

Likuiditas adalah suatu kondisi ketika investasi yang Anda miliki dapat dicairkan dengan cepat menjadi uang tunai. Jadi, jika Anda membutuhkan dana mendadak atau dana darurat, Anda tidak perlu khawatir lagi. Karena dana yang Anda investasikan di reksa dana bisa dicairkan dalam hitungan 2 hari. Dan di bawah pengawasan pemerintah

Ada berbagai jenis

Setiap orang memiliki karakteristik yang berbeda-beda dalam berinvestasi. Tipe konservatif adalah tipe yang tidak suka mengambil resiko tinggi. Tipe moderat adalah tipe yang tingkat keberaniannya dalam mengambil risiko lebih tinggi daripada tipe konservatif.

Nah, karena jenisnya yang beragam, investasi reksa dana bisa menjadi pilihan yang tepat. Karena reksa dana memiliki berbagai jenis yang bisa Anda pilih sesuai dengan karakter Anda sebagai investor. Berikut beberapa jenis investasi reksa dana:

Reksa Dana Pasar Uang

Reksa dana ini berinvestasi pada instrumen investasi pasar uang dengan jangka waktu kurang dari satu tahun. Bentuk instrumen investasi tersebut dapat berupa deposito berjangka, sertifikat deposito, Sertifikat Bank Indonesia (SBI).

Surat Berharga Pasar Uang (SBPU) dan berbagai jenis instrumen investasi pasar uang lainnya. Tujuannya untuk menjaga likuiditas dan menjaga permodalan. Jika dibandingkan dengan jenis lain, risikonya dianggap paling rendah.

Dana Pendapatan Tetap

Reksa dana jenis ini menginvestasikan minimal 80% asetnya pada surat utang atau obligasi. Risikonya lebih besar dibandingkan reksa dana pasar uang.

Reksa Dana Campuran

Jenis investasi ini mengalokasikan dana dalam berbagai portofolio. Instrumen investasi dapat berupa saham dan digabungkan dengan obligasi. Tujuannya adalah untuk pertumbuhan harga dan pendapatan. Langkah memulai investasi reksadana untuk mahasiswa.

Tentukan tujuan keuangan kamu

Tujuan keuangan dapat dibagi berdasarkan jangka waktu:

  • Jangka pendeknya: < 1 tahun
  • Jangka panjang: 5 tahun

Rencanakan setiap tujuan berdasarkan jangka waktunya, baru kamu bisa menentukan kebutuhan mana yang harus dipenuhi terlebih dahulu.

Pahami risiko reksadana

Bagaimana rekam jejak reksadana dengan perusahaan-perusahaan yang ada di dalamnya. Siapa manajer investasi yang mengelola reksadana tersebut. Berapa harga, biaya beli, dan biaya biaya. Semakin kecil biaya, maka pendapatan akan semakin maksimal.

Pembelian

Untuk membeli reksadana, kamu perlu membuka rekening reksadana. Kemudian transaksi berdasarkan Nilai Aktiva Bersih (NAB: total kekayaan reksadana yang kamu pilih secara keseluruhan) per unit reksadana.

Hitung return reksadana

Untuk menghitung pengembalian, Anda perlu mencari persentase dari selisih NAB per unit beli dan NAB per unit jual reksadana tersebut. Karena itu, yuk mulai berinvestasi sedini mungkin agar kamu bisa segera mencapai tujuan keuangan kamu. Demikian penjelasan dari saya tentang Investasi Reksadana cocok untuk pelajar semoga bermanfaat, terimakasih.

 

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular