Sunday, May 22, 2022
HomeEmasKeuntungan Berinvestasi Pada Logam Mulia Atau Emas

Keuntungan Berinvestasi Pada Logam Mulia Atau Emas

 

Keuntungan Berinvestasi Pada Logam Mulia Atau Emas – Saat ini, seiring dengan perkembangan zaman dan dunia investasi yang semakin canggih, ada banyak jenis investasi yang dapat dipilih oleh calon investor. Misalnya, investasi online dalam bentuk logam mulia atau Emas. Emas telah digunakan oleh masyarakat sejak zaman dahulu sebagai alat perhiasan dan investasi yang sangat menguntungkan.

Jika Anda memiliki kelebihan uang, tidak ada salahnya mencoba berinvestasi emas. Ada banyak keuntungan berinvestasi dalam logam mulia dan emas batangan. Seperti harga yang stabil dengan kenaikan moderat yang mampu bersaing dengan tingkat inflasi. Untuk itulah banyak orang memilih investasi logam mulia emas. Karena investasi emas nyaman dan aman dalam jangka waktu yang lama.

Singkatnya, jika pada zaman dahulu, emas ditemukan dalam bentuk batangan dan perhiasan. Namun kini kemunculan emas bisa dalam bentuk tabungan. Seperti yang ditawarkan oleh kantor Pegadaian Syariah, Bank Syariah Mandiri, dan lembaga keuangan lainnya.

Sesuai dengan kebijakan pemerintah yang terus meningkatkan sektor ekonomi masyarakat kecil, berbagai kebijakan ekonomi terus digulirkan oleh pemerintah saat ini. Seperti kemudahan berinvestasi logam mulia emas. Kini produk investasi emas telah ditawarkan langsung kepada masyarakat dengan berbagai kemudahan yang diberikan.

Keuntungan Berinvestasi Pada Logam Mulia Atau Emas

Harga Emas Selalu Naik

Salah satu faktor utama seseorang harus menginvestasikan uang berupa logam mulia adalah emas karena harga emas selalu naik. Kenaikan harga emas bisa mengikuti laju inflasi. Jika tahun ini harga emas per gram berkisar Rp. 600 ribu, maka pada satu tahun kemudian harga emas dapat mencapai Rp. 900 ribu. Apa keuntungan berinvestasi emas daripada menyimpan emas dalam bentuk perhiasan.

Berbeda dengan menyimpan uang berupa perhiasan emas seperti kalung, gelang, cincin, dll, harga emas saat diperjualbelikan adalah sama. Bahkan kerugiannya terkena diskon per gram sekitar Rp. 15 ribu per gram. Ruginya menyimpan uang dalam bentuk perhiasan emas.

Ini bukan bentuk investasi tetapi kewajiban atau sesuatu yang membutuhkan uang. Berdasarkan pengalaman data grafik harga emas dalam sepuluh tahun ke depan harganya meningkat pesat hingga lebih dari 300 persen. Dalam artian setiap tahun harga emas mengalami kenaikan sekitar 30 persen lebih.

Daya Beli Emas Bersifat Tetap

Harga emas tidak selalu naik harganya. Kadang harganya turun. Namun, penurunan harga sangat kecil dan bersifat sementara. Contohnya adalah ini. Ketika harga emas turun dari 1000 dolar menjadi 500 dolar, harga beras, minyak dan gandum serta kebutuhan pokok lainnya turun.

Sehingga daya beli masyarakat terhadap emas tetap sama. Pada waktu 1400 Hijriah yang lalu, harga emas masih sama. Saat itu Urwah menjual seekor kambing seharga satu koin dinar emas. Dan sekarang harga 1 koin dinar emas adalah Rp. 2.500.000 yang setara dengan satu ekor kambing.

Investasi Emas Tidak Tergantung Kebijakan Pemerintah

Harga emas akan terus naik terlepas dari keputusan pemerintah. Pemerintah mau begini atau mau begitu, tapi harga emas tetap stabil dan terus naik setiap tahun. Sedangkan nilai mata uang rupiah sangat rentan alias tidak stabil.

Kadang naik turun. Itulah keuntungan berinvestasi emas yang perlu Anda ketahui. Mata uang atau valuta asing sangat fluktuatif tergantung kebijakan pemerintah dalam berbagai aspek seperti politik, ekonomi, moneter dll. Sedangkan investasi emas tidak terpengaruh oleh faktor apapun.

Investasi emas berada di luar perbankan dan sistem perbankan. Sehingga ketika terjadi krisis moneter dan ekonomi di suatu negara, aman untuk berinvestasi emas. Investasi logam mulia emas sangat aman dimana saja dan kapan saja. Hal inilah yang membuat investasi logam mulia menjadi incaran dan disukai banyak orang.

Demikianlah ulasan tentang keuntungan berinvestasi pada logam mulia atau emas semoga bermanfaat.

 

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular