Sunday, May 22, 2022
HomeSahamInvestasi Saham Online Biar Cuan Terus

Investasi Saham Online Biar Cuan Terus

Investasi Saham Online Biar Cuan Terus – Investasi saham kini telah merambah secara online. Hanya dari ponsel atau laptop yang terhubung dengan internet, Anda bisa berdagang saham. Saham dikenal sebagai investasi yang memiliki tingkat risiko yang tinggi. Namun, risiko ini sebanding dengan keuntungan atau return yang diperoleh.

Itulah mengapa disebut investasi berisiko tinggi, pengembalian tinggi. Jika Anda mampu menganalisis Saham, mengelola risikonya dengan baik, maka Anda dapat menghasilkan banyak uang. Ratusan bahkan ribuan persen. Yuk, investasi saham online. Modal mulai dari Rp 100 ribu, tapi Anda sudah bisa trading saham secara online.

Investasi Saham Online

Pahami Seluk Beluk Saham

Saham adalah surat berharga perusahaan. Investasi saham berarti Anda membeli saham perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Itu berarti Anda menjadi pemilik perusahaan. Anda berhak menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang diadakan secara berkala dan mendapatkan dividen atau bagi hasil perusahaan.

Sebelum membeli saham suatu perusahaan, Anda harus mengetahuinya dengan baik. Lirik saham perusahaan yang pemiliknya jujur, berintegritas dan memiliki rekam jejak yang baik. Apalagi yang bisnisnya bagus, mencetak pertumbuhan laba yang besar, dan yang valuasinya murah.

Buka Rekening Saham Di Sekuritas

Tanpa akun sekuritas, Anda tidak dapat memperdagangkan saham. Untuk itu, pertama-tama buatlah rekening saham atau sekuritas di salah satu perusahaan sekuritas tersebut. Pastikan surat berharga tersebut terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Buat akun stok, Anda bisa datang langsung ke kantor atau online. Di masa pandemi seperti ini, lebih baik Anda tetap di rumah dan membuat akun saham online.

Persyaratannya mudah. Biasanya Anda cukup mengakses aplikasi atau website untuk membuka rekening efek online saham, mengisi data diri secara lengkap, mengunggah foto e-KTP, NPWP, dan selfie dengan e-KTP Anda, sebagai serta foto buku rekening tabungan Anda.

Perusahaan sekuritas akan memproses aplikasi rekening saham online Anda. Jika disetujui, dalam beberapa hari kerja, Anda akan menerima Single Investor Identification (SID) dan rekening dana nasabah (RDN) untuk bertransaksi saham.

Lakukan Analisis

Selain itu, untuk mengetahui kapan waktu terbaik untuk membeli saham dapat dilihat melalui dua analisis yang dapat Anda lakukan. Analisis teknikal pertama, analisis fundamental kedua.

  • Analisis fundamental dapat mengacu pada pendekatan kondisi politik, ekonomi, dan tren bisnis. Anda dapat melihatnya melalui laporan keuangan perusahaan atau emiten.
  • Analisis teknikal dapat menggunakan pendekatan pergerakan saham selama periode waktu tertentu, termasuk harga dan fluktuasi, serta informasi tentang harga tertinggi dan terendah saham.

Transaksi Jual Beli Saham

Jika Anda membeli saham, Anda harus memperhatikan fluktuasi pergerakan IHSG karena faktor eksternal dan internal, profil dan tingkat likuiditas perusahaan, keuntungan dari investasi pemegang saham, tren pasar, penjualan, dan pertumbuhan laba per saham. Namun, bagaimana jika harga saham turun?

Perlu diketahui juga bahwa untuk setiap transaksi jual beli saham, terdapat biaya transaksi yang akan dibebankan kepada investor. Besaran masing-masing sekuritas berbeda-beda. Jadi carilah yang menurut Anda sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan Anda.

Memantau Pergerakan Harga Saham

Ada banyak faktor, baik eksternal maupun internal. Selain itu, rajin-rajinlah dapat mengamati pergerakan dan trend harga saham agar tahu kemana arahnya. Ketika harga saham sudah sesuai target, maka Anda bisa memilih untuk menjual. Begitu juga dengan tren saham. Oleh karena itu, luangkan waktu untuk bermain saham online sekitar 15-30 menit per sesi.

Demikianlah ulasan tentang Investasi saham online biar cuan terus semoga bermanfaat.

 

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular