Sunday, May 22, 2022
HomeSahamInvestasi Saham dan Tips Memulai Bagi Pelajar

Investasi Saham dan Tips Memulai Bagi Pelajar

Investasi Saham dan Tips Memulai Bagi PelajarSaham adalah surat berharga yang menjadi bukti kepemilikan seseorang atau badan usaha sebagai penyertaan modal dalam suatu perusahaan. Jadi, dengan satu bagian, berarti pemilik memiliki satu bagian kepemilikan. Untuk mengembangkan usahanya, suatu perusahaan harus menghimpun dana yang akan dialokasikan untuk mempekerjakan tenaga ahli atau membuka kantor cabang.

Perusahaan mengumpulkan dana ini dengan menjual saham mereka kepada investor atau meminjam uang dari bank. Jadi, membeli saham berarti Anda menjadi salah satu pemilik perusahaan meskipun saham yang Anda miliki nilainya kecil. Anda akan mendapatkan bagian dari keuntungan perusahaan serta aset

Nah, meskipun kamu masih mahasiswa, kamu juga bisa mulai berinvestasi saham agar bisa memiliki kondisi keuangan yang lebih baik di masa depan. Dengan menggunakan sebagian uang saku yang Anda miliki, Anda sudah dapat berinvestasi di pasar saham.

Untuk Memulai Investasi Saham

Belajar

Karena status anda masih pemula dalam dunia investasi, ada baiknya anda mempelajari terlebih dahulu tentang ekonomi dunia, analisa fundamental, dan analisa teknikal. Analisis teknikal adalah analisis yang didasarkan pada grafik pergerakan harga, sedangkan analisis fundamental lebih banyak tentang situasi ekonomi, sosial, dan politik.

Lakukan Transaksi Dalam Jangka Panjang

Karena Anda tidak memiliki pengetahuan dan pengalaman yang cukup di dunia saham, Anda harus melakukan transaksi saham jangka panjang dan tidak mengambil risiko untuk melakukan transaksi atau perdagangan jangka pendek. Mengapa? Karena dengan melakukan transaksi jangka panjang, risiko kerugian Anda lebih kecil daripada risiko besar yang Anda ambil saat trading jangka pendek.

Beli Saham Perusahaan Besar

Sebagai mahasiswa yang berkecimpung dalam dunia investasi saham, sebaiknya bermain aman dengan membeli saham perusahaan besar yang memiliki stabilitas tinggi dan banyak konsumen di pasar serta memiliki kecenderungan untuk tumbuh dan defensif dalam jangka panjang. Untuk mencapai kesuksesan dalam berinvestasi tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Tips Dasar Belajar Investasi Saham

Percaya Diri

Sebagai investor pemula, pasti Anda sering meragukan kemampuan atau keputusan yang Anda buat. Apalagi jika Anda dipengaruhi oleh orang lain yang merasa lebih ahli dalam menganalisa saham. Tapi, jangan patah semangat dan jangan mudah terpengaruh oleh orang lain. Untuk menghilangkan keraguan dan menjadi lebih percaya diri, kuncinya hanya satu, yaitu belajar. Anda perlu mempelajari seluk beluk berinvestasi, kemudian membuat keputusan sendiri.

Prioritaskan Investasi Pada Diri Sendiri

Tidak ada investasi yang lebih baik daripada berinvestasi untuk pengembangan diri, sebelum memasuki dunia investasi saham, investasikan pada diri sendiri yang dapat meningkatkan kemampuan dan mengasah bakat yang sudah dimiliki. Putuskan keterampilan apa yang ingin Anda kuasai, dan luangkan waktu dan uang untuk mewujudkannya. Ini bisa membuat Anda menjadi orang yang lebih berharga.

Ikuti Berita Saham Terkini

Manfaatkan informasi dari berita sebagai bahan pertimbangan untuk keputusan yang akan Anda ambil. Penting untuk memahami kondisi perusahaan target investasi. Tapi, bukan berarti semua berita harus mempengaruhi keputusan Anda, kan? Kami merekomendasikan untuk menerapkan aturan 99-1, yang berarti menggunakan berita hanya sebagai 1 persen pertimbangan pengambilan keputusan.

Misalnya, jika perusahaan target mengalami kerugian 7-10%, jangan buru-buru menjual saham perusahaan tersebut. Lihatlah rekam jejak perusahaan. Jika perusahaan telah berdiri selama puluhan bahkan lebih dari seratus tahun, maka perusahaan harus mampu mengatasi kerugian yang dialami. Tapi, bukan itu saja keuntungan yang akan Anda dapatkan dari berinvestasi saham. Tidak hanya terkait dengan masalah kantong, manfaat yang Anda rasakan juga terkait dengan banyak hal.

Demikianlah ulasan tentang investasi saham dan tips memulai bagi pelajar semoga bermanfaat.

 

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular