Tuesday, January 25, 2022
HomeSahamInilah Cara Membeli Saham Bagi Pemula

Inilah Cara Membeli Saham Bagi Pemula

Inilah Cara Membeli Saham Bagi PemulaSaham adalah salah satu instrumen investasi berupa kepemilikan individu atau penyertaan dalam suatu perusahaan. Berinvestasi di saham memiliki potensi, terutama karena pasar saham Indonesia masih terus berkembang dari waktu ke waktu. Namun bagi yang baru memulai, bagaimana cara membeli saham untuk pemula?

Ketika kita berinvestasi dalam saham perusahaan, kita dapat mengatakan bahwa kita adalah pemilik perusahaan dengan persentase saham yang kita miliki. Jadi, meskipun kita hanya dapat memiliki 1 lot saham, itu berarti kita bisa dikatakan sudah dapat memiliki perusahaan tersebut.

Namun, investasi saham memang dapat memiliki resiko yang sangat tinggi, namun sebenarnya investasi ini bisa berpotensi dapat menguntungkan dengan prosentase yang tinggi juga. Seperti yang terjadi pada Lo Keng Hong, salah satu investor terkemuka di Indonesia.

Dijuluki sebagai Warren Buffet Indonesia, Lo Keng Hong bisa menjadi miliarder berkat investasi instrumen sahamnya. Tak tanggung-tanggung, ia sempat mencicipi manisnya saham gain hingga 12.500 persen.

Bisa dikatakan, hidupnya kini dalam keadaan financial freedom atau bebas secara finansial keahliannya dalam menganalisa saham. Dia juga secara konsisten diuntungkan dari kenaikan harga saham atau capital gain atau bagi hasil dari keuntungan atau dividen saham perusahaan.

Cara Membeli Saham Untuk Pemula

Pilih Broker Atau Perusahaan Sekuritas

Rekening sekuritas digunakan untuk menyimpan saham-saham yang dimiliki Ibu. Sedangkan RDN adalah rekening untuk menyimpan saldo atau uang untuk transaksi saham. Nah, dalam memilih perusahaan sekuritas ini tidak boleh sembarangan, ya.

Pilih perusahaan keamanan yang memiliki kinerja dan sejarah yang baik. Selain itu, pastikan perusahaan efek yang dipilih terdaftar dan diawasi oleh OJK. Jangan khawatir tentang membuka rekening selama Corona. Beberapa sekuritas sudah mulai menerapkan layanan full online dalam waktu yang cukup cepat.

Siapkan Persyaratan Dokumen

Namun, saat mendaftar sebagai investor di perusahaan sekuritas, ada beberapa dokumen yang harus dapat disiapkan. Secara umum, beberapa persyaratan tersebut antara lain:

  • KTP atau kartu identitas lainnya
  • Fotokopi buku tabungan
  • Perangko 6 ribu
  • Beberapa juga memerlukan NPWP

Bagi perusahaan efek yang tidak dapat melayani pembukaan rekening secara online, biasanya berkas harus dapat dikirimkan. Setelah memenuhi berbagai persyaratan, akun akan diproses.

Unduh Aplikasi Untuk Membeli Saham

Saat akun dan username aktif, Bunda bisa menginstall aplikasi saham dari perusahaan sekuritas. Semua perusahaan efek harus memiliki aplikasi untuk bertransaksi di bursa atau pasar modal.

Menyetorkan Dana Ke RDN

Setelah akun Mom dipastikan aktif, Mom sebenarnya bisa langsung trading saham jika sudah memiliki saldo. Caranya, Mom cukup mentransfer sejumlah dana ke rekening. Saldo di rekening itulah yang nantinya bisa digunakan untuk membeli saham yang dipilih.

Transaksi Saham

Penting untuk dicatat bahwa pasar saham hanya melayani penjualan dan pembelian pada hari kerja, Senin hingga Jumat. Ada dua sesi perdagangan saham pada hari kerja, sesi pertama berlangsung dari pukul 09.00-12.00. Selain itu, sesi II berlangsung mulai pukul 13.30 hingga 16.00. Namun, sejak masa pandemi, sesi ini dikurangi menjadi 15.30.

Total 1 lot saham sama dengan 100 saham. Standar ini mungkin berbeda jika Anda berinvestasi di negara lain. Jadi perhitungannya adalah, jika harga satu lembar saham adalah Rp. 1.000, maka satu lot sama dengan Rp. 1.000 x 100 = Rp. 100.000. Harga tersebut belum termasuk biaya transaksi pajak dan biaya administrasi surat berharga.

Demikianlah ulasan tentang inilah cara membeli saham bagi pemula semoga bermanfaat.

 

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular