Sunday, May 22, 2022
HomeEmasInilah Tips Investasi Emas Agar Untung

Inilah Tips Investasi Emas Agar Untung

 

Inilah Tips Investasi Emas Agar Untung – Investasi Emas dapat diminati oleh masyarakat Indonesia karena tingkat kepercayaan terhadap emas yang relatif tinggi. Bukan tanpa alasan, tingginya kepercayaan masyarakat terhadap emas sangat wajar. Emas memiliki nilai yang relatif meningkat dari tahun ke tahun sehingga tidak perlu khawatir dengan penurunan nilai investasi.

Selain itu, emas juga sangat likuid karena bisa dijual kapan saja dengan mudah dan cepat. Jadi jika Anda terpaksa harus mencairkan emas menjadi uang tunai, prosesnya tidak perlu lama. Apalagi dengan tingkat risiko yang relatif rendah. Tak heran jika banyak orang yang berinvestasi emas. Selain itu, bagi Anda yang masih pemula dan ingin berinvestasi emas, maka ada beberapa hal yang perlu dapat dipelajari. Dengan modal yang tersedia, Anda dapat membeli emas dalam jumlah berapa pun.

Tips Investasi Emas agar Untung Banyak

Menentukan Tujuan Investasi

Perlu dipahami bahwa kesuksesan berinvestasi dimulai dari perencanaan tujuan yang tepat. Selain itu, sebelum dapat mengucurkan sejumlah dana untuk membeli emas, sebaiknya bisa membuat rencana yang jelas dan tujuan investasi yang nyata.

Jangan sampai Anda hanya dapat berinvestasi dengan membeli emas hanya karena dapat mengikuti teman atau kerabat tanpa tujuan yang jelas. Secara umum, tujuan berinvestasi adalah untuk merencanakan sejumlah kebutuhan keuangan di masa depan. Selain itu, mau dipakai untuk biaya pendidikan anak, beli rumah, naik haji, liburan, bahkan dapat menggelar resepsi pernikahan? Dengan begitu, Anda dapat memiliki acuan yang jelas dalam berinvestasi.

Memantau Harga Emas

Dengan dapat memilih emas sebagai area investasi, Anda wajib memantau harga emas di pasar global secara rutin. Pergerakan harga emas di pasar global berpengaruh besar terhadap apakah investor harus membeli, menjual, atau menahan emasnya.

Tidak ada salahnya mengikuti analisa para ahli tentang pergerakan harga emas. Selain itu, analisis ini bisa membantu Anda dapat mempersiapkan diri dengan membeli atau bahkan dapat menjual kembali logam mulia dalam investasi emas.

Meski nilai emas cenderung stabil, Anda tetap harus memantau harga secara berkala. Jangan sampai Anda membeli atau menjual emas di waktu yang salah karena bisa mengakibatkan kerugian. Biasanya, harga emas turun pada kisaran April hingga pertengahan Juni.

Saat ini banyak investor yang memanfaatkan momen tersebut untuk membeli emas. Sedangkan pada bulan November-Desember, harga emas relatif tinggi sehingga tidak cocok jika Anda dapat melakukan pembelian. Namun, hal tersebut bukanlah patokan yang pasti karena kondisi ekonomi bisa saja berbeda dari tahun ke tahun.

Memilih Jenis Emas Yang Akan Dibeli

Ada beberapa jenis investasi emas yang bisa Anda pilih, antara lain emas perhiasan, koin emas, emas batangan, hingga sertifikat emas. Sebelum memilih, tentunya Anda harus memahami apa saja kelebihan dan kekurangan masing-masing jenis emas.

Jika Anda memilih perhiasan emas, Anda bisa sekaligus memakainya sebagai aksesori yang mempercantik penampilan Anda. Namun, Anda harus berhati-hati dalam memilih perhiasan emas agar jika dijual kembali tidak akan hilang. Sedangkan emas batangan cocok sebagai investasi karena lebih mudah dijual kembali.

Sedangkan koin emas banyak dapat dipilih sebagai investasi bagi orang-orang yang berencana untuk berhaji. Jika tidak ingin direpotkan dengan penyimpanan emas fisik, maka sertifikat emas adalah pilihan yang tepat untuk berinvestasi emas.

Sertifikat ini merupakan bukti resmi kepemilikan emas dalam penyimpanan suatu bank. Sertifikat emas bisa menjadi alternatif lain yang memberikan keuntungan tanpa beban sewa tempat penyimpanan di bank.

Demikianlah ulasan tentang inilah tips investasi emas agar untung semoga bermanfaat.

 

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular