Tuesday, January 25, 2022
HomeSahamInilah Tips Memulai Investasi Saham

Inilah Tips Memulai Investasi Saham

 

Inilah Tips Memulai Investasi Saham – Pada pembahasan kita kali ini, kita akan membahas bagaimana cara memulai investasi saham untuk pemula yang akan kami jelaskan sedetail mungkin dengan bahasa yang mudah dipahami oleh kebanyakan orang.

Saat ini, Anda dapat menggunakan investasi saham dengan baik untuk merencanakan masa depan keuangan yang mapan tanpa harus bekerja keras. Namun di Indonesia sendiri masih banyak orang yang takut untuk mencobanya, kebanyakan dari masyarakat yang merasakan ketakutan tersebut beranggapan bahwa investasi saham hanyalah hoax dan keuntungan yang dijanjikan dari awal tidak benar-benar terjadi.

Padahal, investasi saham bukan hanya sekedar hoax, investasi saham sangat menjanjikan passive income yang tentunya akan menunjang keuangan investor di masa depan. Oleh karena itu, mulailah mengelola keuangan Anda dengan berinvestasi di saham.

Tips Memulai Investasi Saham

Seiring berjalannya waktu, masyarakat Indonesia mulai mengenal dunia investasi saham dengan lebih baik, dan sebagian dari mereka mulai berani memasuki dunia ini. Hal ini diyakini akan terus meningkat selama beberapa tahun ke depan sehingga dapat dipastikan semakin banyak pemula yang mencoba mencari tahu informasi tentang topik yang satu ini.

Pilih Sekuritas Dengan Biaya Transaksi Yang Rendah (Kecil)

Langkah pertama yang harus Anda lakukan untuk mulai berinvestasi saham adalah memilih sekuritas yang memiliki biaya transaksi (kecil) yang rendah. Setelah itu, Anda perlu membuka rekening efek yang telah difasilitasi dengan baik oleh perusahaan efek tersebut. Jadi, ketika Anda melakukan transaksi seperti isi ulang dana ke rekening efek untuk melakukan kegiatan investasi berkelanjutan, Anda tidak perlu mengeluarkan biaya transaksi yang terlalu besar.

Pilih Saham Perbankan (Consumer Goods)

Selain memilih perusahaan sekuritas yang dapat memiliki biaya transaksi rendah, Anda juga perlu memilih saham yang berasal dari perusahaan yang bergerak di bidang perbankan atau consumer goods. Pasalnya, kedua perusahaan yang bergerak di bidang ini merupakan perusahaan yang memiliki karakteristik bisnis yang cukup sederhana.

Selain itu, kedua perusahaan ini juga dinilai mampu meraup keuntungan yang signifikan setiap tahunnya, sehingga harga saham kedua jenis perusahaan ini akan cenderung naik.

Beli Saham Yang Dapat Dikeluarkan Secara Resmi Oleh Bursa Efek Indonesia (BEI)

Dalam hal ini jangan lupa bahwa dalam arti lain, Anda wajib membeli saham yang resmi dikeluarkan oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). Bursa Efek Indonesia (BEI) sendiri adalah pihak yang menyelenggarakan dan dapat menyediakan sistem serta sarana untuk mempertemukan penawaran jual beli efek dari semua pihak yang berkepentingan untuk tujuan memperdagangkan efek.

Beli Saham Bagus Dengan Harga Diskon

Kebanyakan orang yang baru masuk ke dunia investasi saham memiliki pemikiran tersendiri yaitu menghindari harga saham yang sedang mengalami penurunan. Namun pada kenyataannya hal tersebut tidak sepenuhnya benar, karena ada beberapa kasus dimana saat membeli saham saat harganya turun, ke depannya justru malah meningkat atau bahkan lebih tinggi dari harga awal. Namun, untuk melakukan hal ini Anda juga harus memperhatikan aspek lainnya.

Keuntungan Investasi Saham

Dapatkan Potensi Keuntungan Modal

Yang dimaksud disini adalah perkembangan suatu perusahaan dimana anda menginvestasikan saham anda dari waktu ke waktu, biasanya akan diikuti dengan kenaikan atau kenaikan harga saham perusahaan tersebut. Nah, kenaikan harga yang signifikan ini bisa Anda manfaatkan untuk menjual saham di harga yang lebih tinggi.

Dapatkan Dividen Saham

Dividen merupakan pembagian keuntungan kepada pemegang saham sesuai dengan jumlah saham yang dimiliki. Ketika seorang pemegang saham menerima dividen, pemegang saham tersebut secara otomatis dan tidak langsung diakui sebagai pemilik perusahaan dan berhak menghadiri Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS).

Demikianlah ulasan tentang Inilah tips memulai investasi saham semoga bermanfaat.

 

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular