Tuesday, January 25, 2022
HomeSahamInilah Tips Memulai Investasi Saham Saat Pandemi

Inilah Tips Memulai Investasi Saham Saat Pandemi

Inilah Tips Memulai Investasi Saham Saat Pandemi – Saham adalah salah satu instrumen investasi dengan return yang tinggi. Investasi saham juga cocok sebagai pilihan bagi investor untuk berinvestasi jangka panjang. Di tengah pandemi saat ini, banyak orang yang melirik investasi saham ini.

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) terus berfluktuasi selama pandemi COVID-19. Bahkan, naik turunnya bursa saham tidak hanya dapat terjadi di Indonesia tetapi juga di berbagai belahan dunia. Jika dilihat dari sisi positifnya, bisa dibilang sekarang adalah kesempatan yang baik untuk berinvestasi saham. Anda tertarik? Namun sebelum Anda ingin berinvestasi saham di masa pandemi, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Tips Memulai Investasi Saham

Berinvestasi Untuk Jangka Panjang

Tips investasi saham pertama ini sangat perlu Anda perhatikan. Ingatlah bahwa tujuan berinvestasi saham adalah untuk jangka panjang. Salah satu alasannya adalah karena investasi saham cenderung sangat fluktuatif alias naik turun dalam jangka pendek.

Untuk dapat memperkuat niat Anda berinvestasi saham jangka panjang, ingatlah bahwa keuntungan saham biasanya akan maksimal dalam jangka panjang. Pola pikir ini perlu ditanamkan dalam diri Anda. Dengan menabung saham, Anda juga harus konsisten. Misalnya, Anda bisa menyisihkan 10-15 persen dari penghasilan Anda untuk menabung saham secara rutin.

Pilih Saham Dengan Fundamental Kuat

Tips selanjutnya, jangan hanya membeli saham. Pilih saham dengan fundamental yang kuat. Jangan hanya tergiur dengan harga saham yang murah tapi tidak tahu fundamentalnya. Karena tidak semua saham dengan harga murah dapat memiliki kualitas yang baik.

Apalagi di masa pandemi saat ini, masa yang penuh ketidakpastian. Oleh karena itu, sangat disarankan agar Anda menerapkan prinsip berhati-hati dalam menabung saham. Sebelum membeli saham, pastikan saham yang ingin dibeli termasuk dalam sektor saham yang berpotensi membaik saat wabah COVID-19 mereda.

Meningkatkan Pengetahuan Dan Kesabaran Investasi

Pengetahuan investasi dan kesabaran adalah dua hal yang harus dimiliki oleh investor. Agar Anda lebih pintar dalam berinvestasi, Anda perlu secara aktif mengasah keterampilan Anda tentang saham. Anda dapat mengikuti berbagai pelatihan baik online maupun offline untuk menambah pengetahuan dan keterampilan Anda dalam berinvestasi saham.

Jika Anda ingin berinvestasi saham untuk jangka panjang, maka Anda perlu mempelajari analisis fundamental dan analisis teknikal untuk mendukung keputusan Anda memilih saham mana. Perlu diingat juga jika Anda ingin berinvestasi jangka panjang, jangan panik menjual saham saat pasar sedang turun. Anda juga dapat mempelajari pasar saham dan memperhatikan tren saham yang jatuh.

Selain itu, Anda juga bisa melihat peluang dalam berbagai kondisi. Tetap optimis dan percaya bahwa pada akhirnya, pandemi ini akan berakhir. Setelah pandemi ini berakhir, maka Anda akan mendapatkan keuntungan yang besar. Jangan lupa bersabar ya? Jangan mudah terpengaruh oleh emosi sesaat yang menjerumuskan Anda ke dalam kerugian. Pengendalian diri sangat diperlukan untuk berinvestasi di saham ini.

Investasikan Dengan Dana Yang Disiapkan

Salah satu kunci sukses berinvestasi saham adalah memiliki manajemen keuangan yang baik. Jadi, dana yang akan Anda dapat gunakan untuk investasi saham haruslah dana yang telah Anda sisihkan untuk investasi jangka panjang.

Jangan sampai Anda menggunakan kebutuhan sehari-hari, dana darurat, atau dana lainnya untuk tujuan jangka pendek. Hal ini tentunya sangat diperlukan agar tidak terjadi kepanikan yang berlebihan saat harga saham turun.

Demikianlah ulasan tentang Inilah tips memulai investasi saham saat pandemi semoga bermanfaat.

 

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular