Sunday, January 23, 2022
HomeSahamInilah Cara Bermain Saham Dengan Modal Kecil

Inilah Cara Bermain Saham Dengan Modal Kecil

Inilah Cara Bermain Saham Dengan Modal Kecil – Pengalaman berinvestasi saham untuk pertama kalinya memang menegangkan. Bagi pemula, bermain Saham dengan modal kecil yaitu salah satu langkah untuk dapat menghindari resiko kegagalan. Saham selalu dianggap sebagai instrumen investasi yang sangat menguntungkan. Maka tak heran jika banyak orang yang tertarik untuk mencoba jenis investasi ini.

Meski begitu, perlu diingat bahwa bermain saham juga memiliki risiko tersendiri. Oleh karena itu, untuk pemula sebaiknya melakukan cara bermain saham dengan modal kecil. Cara ini dianggap lebih aman daripada Anda langsung berinvestasi dalam skala besar.

Cara Bermain Saham Dengan Modal Kecil

Pilih Sekuritas Dengan Setoran Rendah Dan Biaya Ringan

Langkah pertama dalam berinvestasi saham adalah membuka rekening efek di perusahaan efek. Namun, pilihlah perusahaan yang menawarkan deposit rendah dan biaya rendah. Selain itu, untuk setoran awal sendiri, paling tidak cari perusahaan sekuritas yang dapat mengizinkan setoran awal di bawah Rp 5 juta. Sebagai gantinya, carilah perusahaan sekuritas yang menawarkan biaya transaksi saham paling murah dan paling murah.

Pastikan Perusahaan Sekuritas Terdaftar Di BEI

Memastikan perusahaan efek yang Anda pilih terdaftar di BEI atau Bursa Efek Indonesia sangat penting. Hal ini dimaksudkan agar penjualan/pembelian saham tersebut berjalan dengan aman dan lancar. Selain itu, tips yang satu ini bisa menjadi cara bermain saham dengan modal kecil yang pas.

Pasalnya, jika perusahaan efek dijamin, risiko kegagalan investasi akan diminimalkan. Jika demikian, bagaimana kita dapat mengetahui apakah suatu perusahaan efek terdaftar di BEI atau tidak? Anda bisa cek langsung melalui halaman BEI.

Lakukan Riset Rekam Jejak Perusahaan Sekuritas

Setelah melihat daftar perusahaan di BEI, saya juga lupa untuk mengecek kembali melalui riset track record perusahaan tersebut. Reputasi yang baik adalah modal yang harus dapat dimiliki oleh perusahaan sekuritas. Reputasi tidak hanya legalitas perusahaan, tetapi juga kinerjanya dalam mengelola saham yang dimiliki.

Hal ini penting bagi Anda yang ingin melakukan cara bermain saham dengan modal kecil. Jangan pernah memiliki saham perusahaan yang nilainya fluktuatif, karena jenis saham ini sangat berisiko dan mudah dimanipulasi oleh investor yang bermodal besar.

Berinvestasi Pada Satu Atau Dua Perusahaan Saja

Sebenarnya banyak sekali perusahaan yang memiliki harga saham yang cukup murah, bahkan perusahaan seperti MNC dan Smartfren menawarkan harga saham di bawah Rp. 1000 per saham. Meski begitu, dalam cara bermain saham dengan modal kecil, investasikan uang Anda di satu atau dua perusahaan terlebih dahulu.

Ini akan membantu mengurangi risiko kegagalan. Selain itu, pilihlah perusahaan publik yang namanya sudah terkenal di masyarakat. Hal ini dikarenakan perusahaan-perusahaan tersebut biasanya memiliki nilai saham yang cukup stabil dan menguntungkan.

Ketahui Indeks Saham Yang Tepat

Bagi sebagian orang, istilah indeks saham mungkin tidak terlalu asing di telinga. Namun, bagi Anda yang ingin melakukan cara bermain saham dengan modal kecil, Anda harus dapat mengetahui apa itu indeks saham. Jika indeks saham naik, berarti harga sebagian besar saham mengalami kenaikan.

Sedang, jika indeks saham turun, sebagian besar saham penyusun indeks bergerak turun. Sebagai tips untuk pemula, pilihlah saham yang tergabung dalam indeks LQ45 atau IDX30. Hal ini dapat dikarenakan kedua indeks tersebut terdiri dari perusahaan yang dapat memiliki likuiditas tinggi dan kapitalisasi pasar yang besar, serta dapat didukung oleh fundamental perusahaan yang baik.

Demikianlah ulasan tentang inilah cara bermain saham dengan modal kecil semoga bermanfaat.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular