Sunday, May 22, 2022
HomeEmasInilah Cara Berinvestasi Emas yang Tepat

Inilah Cara Berinvestasi Emas yang Tepat

Inilah Cara Berinvestasi Emas yang TepatEmas selalu menjadi instrumen investasi yang paling tahan terhadap kondisi ekonomi. Padahal, di tengah resesi ekonomi global, emas menjadi pilihan utama para investor besar dalam melindungi asetnya. Bagi pemula, ada beberapa cara berinvestasi emas yang wajib Anda ketahui.

Meski emas merupakan salah satu instrumen investasi yang paling aman dan cocok untuk pemula, bukan berarti Anda bisa asal-asalan saat memulai investasi yang satu ini. Ada beberapa cara berinvestasi emas yang tetap harus Anda perhatikan agar tidak rugi selama menjalaninya.

Cara Berinvestasi Emas Yang Tepat

Jangan Investasi Berbentuk Perhiasan

Perhiasan emas dimaksudkan untuk digunakan bukan sebagai instrumen investasi. Oleh karena itu, jika Anda berniat menggunakan emas sebagai instrumen investasi, sebaiknya Anda membelinya dalam bentuk logam mulia 24 karat dan bukan perhiasan.

Perhiasan emas memiliki kelemahan dari segi harga karena harus membayar biaya jasa pembuatan yang cukup besar. Umumnya biaya jasa pembuatan perhiasan mencapai ratusan ribu rupiah tergantung tingkat kerumitan perhiasan tersebut.

Jadi, harga yang Anda bayarkan ke toko emas sebenarnya adalah harga emas ditambah biaya pembuatan perhiasan. Oleh karena itu perhiasan emas bukanlah cara yang tepat untuk berinvestasi emas. Belilah perhiasan emas untuk digunakan dan bukan untuk investasi.

Buat Perencanaan Dan Tujuan Investasi

Sebaiknya, investasi emas dilakukan dengan terlebih dahulu menentukan tujuan dan rencana dalam berinvestasi emas. Anda harus menetapkan alasan mengapa Anda ingin berinvestasi emas. Sebagian orang berinvestasi emas untuk biaya beli rumah, naik haji, biaya pendidikan anak, dan lain-lain.

Menetapkan rencana dan tujuan investasi dapat membantu Anda menentukan berapa banyak emas batangan yang harus dibeli dan disimpan. Selain itu, dengan menetapkan tujuan yang jelas, Anda akan lebih semangat dalam menabung dan mengumpulkan emas.

Mulai Dari Yang Kecil

Cara yang tepat untuk berinvestasi emas adalah memulai dari yang kecil. Anda tidak perlu menunggu sampai memiliki cukup uang untuk membeli emas batangan 100 gram sebelum berinvestasi emas. Hanya beberapa ratus ribu dan Anda bisa mulai berinvestasi emas.

Beberapa emiten emas batangan resmi mengeluarkan produk emas batangan mulai dari ukuran hanya 0,5 gram. Harga emas batangan 0,5 gram berkisar Rp. 400 ribu menjadi Rp. 500 ribu. Sedangkan emas batangan berukuran 1 gram bisa didapatkan dengan harga mulai dari Rp. 900 ribu.

Hanya dengan ratusan ribu Rupiah, Anda sudah bisa mulai berinvestasi emas. Jangan menunggu sampai Anda mengumpulkan banyak uang karena harga emas kemungkinan besar akan meningkat ketika Anda telah mengumpulkan banyak uang.

Rajin Mengecek Harga Emas

Ada beberapa tempat untuk cek harga emas secara online seperti butik emas Antam, Pegadaian, toko emas Semar, dan lain sebagainya. Harga emas umumnya akan berfluktuasi tergantung pada kondisi politik suatu negara serta kondisi politik dan ekonomi global.

Dengan mengecek harga emas secara rutin, Anda bisa menentukan kapan waktu yang tepat untuk membeli emas dan kapan waktu yang tepat untuk menjualnya. Waktu yang tepat untuk membeli emas adalah saat harga emas turun sedangkan waktu yang tepat untuk menjual emas adalah saat harga emas naik.

Beli Langsung Di Gerai Terpercaya

Salah satu cara berinvestasi emas yang tepat dan tidak kalah pentingnya adalah dengan membeli langsung dari tempat yang terpercaya. Sekarang memang banyak tempat yang menawarkan emas dengan harga murah.

Namun, jangan sembarangan membeli emas di tempat yang tidak bisa dipercaya karena sangat rawan penipuan, apalagi jika Anda tidak mengenali perbedaan antara emas palsu dan emas asli. Ada beberapa outlet dan penerbit emas terpercaya yang bisa menjadi pilihan Anda dalam berinvestasi emas.

Demikianlah ulasan tentang Inilah cara berinvestasi emas yang tepat semoga bermanfaat.

 

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular