Tuesday, January 25, 2022
HomeSahamInilah Tips Investasi Saham Yang Aman

Inilah Tips Investasi Saham Yang Aman

 

Inilah Tips Investasi Saham Yang Aman – Tertarik untuk memulai investasi Saham? Jika Anda seorang pemula di dunia saham, hal pertama yang perlu dilakukan yaitu menentukan sekuritas yang paling tepat. Surat berharga yang paling tepat akan membantu dan memudahkan Anda dalam melakukan transaksi saham nantinya.

Perusahaan sekuritas adalah perantara antara Anda sebagai investor dan pasar modal. Nantinya Anda mengelola dan melakukan transaksi berdasarkan platform yang disediakan oleh perusahaan. Karena perannya yang vital, Anda perlu berhati-hati dalam menentukan perusahaan sekuritas yang paling tepat.

Lalu bagaimana cara menentukan perusahaan sekuritas yang paling tepat untuk Anda? Apalagi saat ini banyak sekali jenis surat berharga yang beredar. Untuk itu Anda perlu berhati-hati dalam memilih perusahaan agar Anda bisa berinvestasi saham dan mendapatkan keuntungan.

Tips Investasi Saham Aman

Memiliki Analis Yang Kompeten Dan Memiliki Izin Dari OJK Dan BEI

Hal ini sangat penting, apalagi jika Anda juga tertarik untuk berinvestasi saham di reksa dana. Tentunya Anda memilih orang yang berkompeten untuk mengelola dana investasi yang ingin Anda titipkan. Pilih perusahaan keamanan dengan analisis dengan kompetensi unggul.

Anda dapat mengidentifikasi kompetensi analis yang kompeten dengan melakukan daftar. Periksa rekam jejak para analis tersebut dan cari tahu apakah para analis tersebut pernah terlibat dalam beberapa kasus.

Salah satu aspek penting yang tidak boleh dilewatkan adalah legalitas perusahaan. Jangan sampai terjebak dalam penipuan investasi karena legalitas perusahaan sekuritas dipertanyakan. Apalagi nantinya Anda akan mempercayakan dana yang tidak sedikit untuk investasi saham. Cek dan cari lisensi resmi perusahaan efek yang ingin Anda pilih melalui situs resmi BEI. Di sana Anda akan menemukan setidaknya 500 lebih perusahaan sekuritas legal. Jangan memilih perusahaan di luar daftar.

Informatif Serta Sering Berbagi Ilmu

Ini adalah tanda bahwa perusahaan peduli dengan investor dan siap membantu jika investor mengalami masalah. Apalagi jika Anda seorang pemula, pengetahuan ini penting untuk diperoleh. Perusahaan sekuritas dapat memberikan pengetahuan tentang investasi saham melalui platform yang tersedia. Atau berbagai ilmu dan tips juga bisa didapatkan di media sosial resmi perusahaan. Pilih perusahaan yang membantu, aktif, responsif dan tidak pelit dengan pengetahuan kepada investor.

Periksa Performa Perusahaan Dan Proses Yang Cepat

Untuk keamanan dalam investasi saham, pilihlah perusahaan sekuritas yang kinerjanya lebih optimal. Selain kinerja, identifikasi track record masing-masing perusahaan efek. Cari track record setiap perusahaan sekuritas yang akan diseleksi melalui internet. Sebuah perusahaan terkenal atau populer tidak berarti memiliki kinerja yang lebih baik.

Bahkan, BEI telah mengeluarkan peringatan kepada beberapa perusahaan efek. Sekali lagi, populer bukan berarti bagus. Bahkan surat-surat berharga yang dikelola bank-bank besar dan populer juga telah ditegur BEI. Selama teguran BEI dalam batas wajar, mungkin masih bisa dipertimbangkan.

Cek latar belakang rekam jejak perusahaan sekuritas di search engine internet dengan kata kunci “kasus perusahaan sekuritas”. Jika Anda menemukan banyak kasus aneh, lebih baik memikirkan kembali berinvestasi di perusahaan sekuritas. Sebaiknya pilih perusahaan sekuritas yang memiliki citra positif.

Siapa yang mau berinvestasi saham jika prosesnya panjang dan berbelit-belit? Anda dapat mempertimbangkan perusahaan sekuritas yang memiliki layanan pendaftaran dan layanan transaksi cepat. Perhatikan tata cara pendaftaran di setiap perusahaan efek karena setiap perusahaan memiliki persyaratan dan prosedur yang berbeda dari biasanya.

Setelah mengetahui setiap prosedur perusahaan sekuritas yang berbeda, Anda dapat memilih perusahaan yang lebih sederhana dan tidak rumit. Apalagi di era yang serba cepat dan teknologi seperti sekarang ini. Prosedur harus dibuat sesingkat mungkin tanpa mengurangi aspek privasi dan keamanan.

Demikianlah ulasan tentang inilah tips investasi saham yang aman semoga bermanfaat.

 

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular