Tuesday, January 25, 2022
HomeEmasInvestasi Emas Atau Investasi Reksa Dana?

Investasi Emas Atau Investasi Reksa Dana?

Investasi Emas Atau Investasi Reksa Dana? – Setiap orang memiliki tujuan keuangannya masing-masing. Untuk mencapai hal tersebut, mereka memilih berbagai jalan, salah satunya dengan berinvestasi.

Saat ini ada berbagai macam investasi dengan modal yang terjangkau. Salah satu investasi dengan modal yang terjangkau yaitu adalah Investasi Emas dan juga investasi reksa dana. Jadi mana yang lebih menguntungkan? Mari kita bahas secara singkat.

  1. Keuntungan Dan Kelemahan Investasi Emas

Sebagian besar masyarakat Indonesia pasti sudah tidak asing lagi dengan investasi emas. Secara alami, investasi emas telah populer sejak dahulu kala dan dianggap sebagai bentuk investasi yang menguntungkan. Meski saat ini banyak bermunculan instrumen investasi, namun tetap kalah pamor dengan investasi emas.

Jadi Apa Yang Membuat Investasi Emas Menguntungkan?

  • Harga cenderung stabil, Sulit disangkal bahwa nilai emas stabil dibandingkan investasi yang Inilah alasan yang sering digunakan kebanyakan orang untuk tetap setia berinvestasi emas.
  • Keberadaannya diterima di seluruh dunia, Keberadaan emas sebagai logam mulia diakui hampir di seluruh dunia, bahkan dapat menjadi alat pembayaran yang sah di belahan dunia manapun.
  • Instrumen investasi likuid, Karena dikenal sudah sejak dahulu, emas mudah dijual kembali secara tunai. Sifat emas yang universal dianggap paling menguntungkan bagi mereka yang membutuhkan uang cepat

Meski dianggap sebagai investasi yang menguntungkan, investasi emas masih memiliki kelemahan. Diantara yang lain:

  • Keuntungan kecil, Karena risikonya minimal, keuntungan berinvestasi emas tidak terlalu besar. Meski harga emas sedang naik, namun pergerakan harganya sangat Jadi, jika Anda memutuskan untuk berinvestasi emas, sebaiknya jangan berharap mendapatkan keuntungan yang besar.
  • Bukan pendapatan pasif, Jika deposito atau obligasi dapat membayar bunga setiap tahun, kebalikan dari investasi emas tidak menghasilkannya. Keuntungan yang bisa didapat dari berinvestasi emas adalah harga jual kembali.
  1. Keuntungan Dan Kelemahan Investasi Reksa Dana

Minat masyarakat terhadap investasi reksa dana mulai meningkat. Banyak orang yang berniat untuk memulai, tetapi ragu untuk memulai. Alasannya beragam, mulai dari bingung bagaimana memulainya hingga takut dengan risikonya.

Secara sederhana, investasi reksa dana adalah membeli produk sekuritas dengan harapan produk tersebut akan terus meningkat nilainya di masa yang akan datang sehingga memberikan keuntungan.

Lantas, Apa Saja Keuntungan Berinvestasi Di Reksa Dana?

  • Dapatkan keuntungan modal, Ketika seseorang sudah memiliki produk reksa dana, ia akan mendapatkan keuntungan dari harga jual kembali yang lebih tinggi dari harga beli.
  • Keuntungan dari dividen saham, Pemilik produk reksa dana juga akan diuntungkan dengan pembagian dividen saham atau bunga.
  • Modal sangat kecil, Investasi reksa dana semakin diminati karena membutuhkan modal yang rendah. Mulai dari Rp 100.000, seseorang dapat mulai berinvestasi.
  • Tidak termasuk sebagai objek pajak, Keuntungan ini mungkin yang paling menarik, yaitu bebas pajak. Jika seseorang memperoleh penghasilan dari penjualan produk reksa dananya, dia tidak akan dikenakan pajak.

Meski semakin populer, ada beberapa hal yang menjadi kelemahan dalam berinvestasi di reksa dana. Diantara yang lain:

  • Pembelian dan penjualan dikenakan biaya, Setiap kali Anda membeli produk reksa dana, akan ada biaya berlangganan, begitu juga saat Anda ingin menjual kembali akan ada biaya penebusan.
  • Untung gak besar, Meski ada reksa dana saham, hasil yang didapat dari reksa dana tidak sebesar investasi saham.

Untuk memulai masa depan yang sejahtera, perlu berinvestasi sekarang. Selain investasi emas dan juga investasi reksa dana, dan asuransi juga merupakan bentuk dari investasi. Dengan memiliki kedua produk asuransi ini, Anda telah menempatkan keluarga Anda dalam rasa aman. Demikianlah ulasan tentang investasi emas atau investasi reksa dana? semoga bermanfaat.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular