Tuesday, January 25, 2022
HomeSahamTips dan Cara Mudah Belajar Trading Saham Bagi Pemula

Tips dan Cara Mudah Belajar Trading Saham Bagi Pemula

Trading saham merupakan sebuah kegiatan yang tujuannya Menjual dan membeli saham untuk mendapatkan keuntungan dari kisaran harga selisih ketika membeli dan saat menjualnya kembali. Meskipun mudah itu memang harus belajar trading saham mulai dari awal hingga memahami sepenuhnya.

Banyak pemula yang salah mengartikan dan membedakan antara investasi saham dan trading saham. Pada kegiatan investasi, seorang investor memang harus jeli ketika membeli saham lalu menahannya ketika harga belum dirasa mendapatkan hasil keuntungan. Kegiatan ini biasanya membutuhkan jangka waktu yang lebih lama.

Dari kesimpulan itulah bisa diartikan jika transaksi saham yang dilakukan para investor memang tidak terburu-buru dan berbeda jika anda bertindak sebagai trader. Dan apabila saat ini kamu ingin terjun di dunia saham, di bawah ini merupakan penjelasan lengkap yang bisa anda jadikan pengalaman berharga.

Panduan dan Langkah Belajar Trading Saham

Untuk memulai belajar trading saham, sebenarnya para pemula harus lebih memahami secara enyeluruh mengenai tahapan-tahapannya lebih dulu. Terdapat setidaknya tiga langkah utama saat ini harus melaksanakan sebelum memulai trading saham. Beberapa langkah itu antara lain:

Membuka Dulu Rekening

Langkah awal yang harus kamu lakukan sebelum memulai trading saham yaitu harus memiliki rekening bank. Jangan salah, meskipun kamu sudah memiliki rekening bank sebelumnya tetapi rekening tersebut merupakan rekening tabungan. Sedangkan untuk trading harus menggunakan rekening efek.

Untuk mendapatkan rekening baru, kamu memang harus mendatangi pihak perusahaan sekuritas. Terdapat beberapa persyaratan yang harus dilengkapi seperti fotokopi identitas diri atau KTP, NPWP, buku tabungan dan melengkapi persyaratan beserta materai yang dibutuhkan.

Melakukan Penyetoran Dana

Setelah kamu selesai memproses rekening efek dan berhasil, langkah selanjutnya yaitu menyetorkan dana yang akan digunakan untuk trading. Untuk urusan dana awal yang harus disetorkan setiap Trader memang dipatok dengan kisaran berbeda. Setelah dana masuk maka investor sudah bisa memulai untuk menjual dan membeli saham.

Jalankan Investasi

Pada bagian ini, investor tinggal melakukan transaksi dan prosesnya begitu mudah sekali dipelajari. Saat ini kamu tidak perlu datang ke ke Bursa Efek Indonesia. Semua transaksi bisa langsung dijalankan dengan cukup menyediakan akses internet. Mengenai transaksi beberapa perusahaan sekuritas saat ini juga sudah menyediakan berbagai layanan untuk melakukan trading saham secara online. Banyak investor yang bisa diajak kerjasama.

Beberapa nama perusahaan sekuritas yang saat ini sudah menyediakan layanan transaksi saham secara online antara lain : Layanan BEST yang dimiliki BCA Sekuritas, eSmart yang dimiliki BNI Sekuritas, Prima yang dimiliki Trimegah Sekuritas, MOST yang dipunyai Mandiri Sekuritas dan POST yang dikeluarkan oleh Panin Sekuritas.

Untuk memudahkan belajar trading saham dalam tempo yang cepat, kamu memang harus memiliki pertimbangan dan perhitungan secara matang ketika menjual saham. Jangan sampai rugi dalam kisaran besar dan tidak mendapatkan untung.

Untuk memberikan banyak pengalaman baru kepada para pemula, dasar saat melakukan trading saham antara lain:

  • Belajar melakukan analisis saham
  • Belajar bertahap untuk mendapatkan pengalaman
  • Mulailah dari modal kecil lebih dulu
  • Awali dengan membeli serta menjual saham liquid terdapat di LQ45
  • Disiplin dan pahami menyeluruh analisis teknikal

Itulah beberapa penjelasan tentang bagaimana langkah mudah dan akurat untuk belajar trading saham. Dengan mengikuti beberapa penjelasan di atas, kamu sedikit demi sedikit akan semakin memahaminya saat mulai menjalankannya. Dan yang paling penting terus update informasi terbaru karena tren sangat mempengaruhi harga saham dunia.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular