Sunday, May 22, 2022
HomeSahamPilih Mana, Investasi Saham atau Trading Saham

Pilih Mana, Investasi Saham atau Trading Saham

Investasi dan trading tentu saja berbeda. Alasan inilah yang harus segera kamu putuskan apakah ingin investasi saham atau trading saham untuk rencana kedepannya. Pada kesempatan kali ini akan dibahas secara lengkap tentang apa saja perbedaan di antara dua kegiatan di pasar saham tersebut.

Investasi saham dan trading saham memang merupakan salah satu metode keuangan yang bertujuan untuk mendapatkan kekayaan. Kegiatan ini ditujukan untuk mendapatkan hasil dalam jangka waktu tertentu dengan jalan membeli ataupun menyimpan sekumpulan aset pribadi.

Meski tujuannya untuk mendapatkan keuntungan tetapi Perbedaan paling utama terletak pada jangka waktu. Di dalam kegiatan investasi bisa difokuskan jika waktu yang diinginkan para investor harus berjangka panjang. Sedangkan pada kegiatan trading saham semua kegiatan transaksi hanya berlangsung secara jangka pendek.

Dari sedikit ulasan tersebut sudah bisa di garis bawahi jika perbedaan keduanya terletak pada strategi harus diputuskan para investor. Sehingga mereka akan lebih mudah menetapkan prinsip dan tindakan ketika membuat keputusan. Berikut ini pembahasan yang akan memudahkan kamu untuk bisa cepat menemukan perbedaannya.

Perbedaan Investasi dan Trading Saham

Untuk memperjelas pilihan apakah kamu akan melakukan investasi saham atau trading saham, silakan memutuskan setelah mengetahui beberapa bentuk perbedaan dari dua kegiatan di pasar saham tersebut.

Investasi Saham

Ketika ingin melakukan investasi, kamu memang harus bisa memutuskan ketika membeli, menjual atau menyimpan saham untuk waktu kedepannya. Karena sebagai salah satu investor minimal tidak akan pernah terpengaruh dengan turunnya harga saham meskipun suatu saat harganya akan menanjak lagi.

Seorang investor harus selalu jeli memantau beberapa faktor selalu mempengaruhi nilai saham milik mereka. Jangan sampai investor mudah terpengaruh dengan adanya fluktuasi harga.

Kebanyakan investor selalu menentukan pilihan untuk selalu membeli saham emiten masih dalam kualitas kerja bagus dan memiliki fundamental kokoh.

Karena sifatnya untuk jangka panjang, para investor lebih mementingkan nilai aset sehingga mendapatkan keuntungan dalam tahap berkala. Investor juga selalu memiliki prinsip untuk menyimpan hasil investornya kurang lebih 1 tahun kedepan.

Apabila menjadi investor saham juga harus berani menanggung resiko karena semua kegiatannya memang membutuhkan pihak lain di dalam menjual ataupun membeli aset.

Trading Saham

Untuk menentukan pilihan apalah bergerak sebagai investasi saham atau trading saham, kamu harus memahami juga mengenai kegiatan trading. Trader merupakan seorang yang harus jeli melihat dan memanfaatkan setiap perubahan harga demi mendapatkan keuntungan. Karena pada intinya trading hanyalah untuk berdagang.

Ketika bertindak sebagai Trader sebaiknya memilih membeli saham ketika harga sedang turun dan menjualnya kembali ketika harga pasar jauh lebih tinggi. Waktu yang dibutuhkan untuk trading hanya bersifat jangka pendek berkisar 15 menit sampai 1 minggu.

Strategi yang digunakan para trader memang mengacu pada sentimen serta kondisi pasar. Mereka tidak perlu  melihat performa emiten saham dari kisaran harga yang sudah dibeli.

Karena sifatnya hanya berjangka pendek, seorang Trader memang harus memiliki keputusan yang cepat karena mereka juga tidak boleh menahan harga secara lama.

Prinsip dasar yang terlalu dipikirkan oleh trader yaitu membeli dan menjual. Tinggal bagaimana menemukan fluktuasi harga terbaik untuk mendapatkan keuntungan. Analisis teknikal sangat membantu untuk menentukan pergerakan harga nilai saham.

Resiko yang bisa saja dialami oleh para trader adalah kerugian. Tergantung bagaimana mereka membuat keputusan. Biasanya resiko tersebut hadir karena membeli terlalu tinggi dan rendah saat dijual kembali.

Dengan memahami beberapa perbedaan di atas, kamu akan lebih mudah menentukan investasi saham atau trading saham. Tinggal bagaimana kamu bisa menyesuaikan kapasitas diri untuk memulainya kedepan. Tentukan sesuai basic yang kamu miliki saat ini.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular