Sunday, May 22, 2022
HomeFundamentalTips Mudah Menghadapi Margin Call bagi Pemula

Tips Mudah Menghadapi Margin Call bagi Pemula

Sesudah memutuskan bermain trading forex, tentunya kamu kini sudah memuka rekening. Kemudian trader akan memulai trading dengan penuh semangat. Deposit dana yang dilakukan, mempelajari strategi dan menghasilkan profit. Namun setelahnya mengalami kerugian karena dana dan profit habis sesudahnya. Itulah yang disebut dengan Margin Call atau MC. Dalam kesempatan ini akan dibahas mengenai cara menghadapi Margin Call jika kamu memang bingung harus berbuat apa.

Sebenarnya untuk menghadapinya, kamu memang harus menghindarinya. Mengalami Margin Call memang akan dialami trader manapun. Tetapi jika bisa meminimkan resiko dan menghidarinya, kamu akan jauh dari kerugian. Penyebab terjadinya Margin Call adalah:

  • Trader lebih banyak membuka posisi saat trading.
  • Sama sekali tidak memasang stop loss saat trading.
  • Hanya melakukan deposit dengan modal minimal.

Itulah beberapa hal yang sering kali menghampiri trader mengapa mereka mengalami Margin Call. Berikut ini beberapa tips untuk mengindari kamu dari posisi Margin Call.

5 Tips Menghadapi Margin Call

Kesalahan utama seorang trader menghadapi Margin Call memang dari keputusan yang dibuatnya. Hal ini sama sekali tidak pernah disadari namun saat sudah mengalami, kebanyakan trader akan berusaha mencari solusinya. Sejumlah tips untuk menghadapinya antara lain:

  1. Jangan Pernah Over Trade

Tanpa disadari, para trader pemula memang sering kali melakukan over trade. Namun sebenarnya hal ini akan memberikan pengaruh besar dan beresiko ketika trading. Psikologi trading akan rusak jika perilaku ini terus menerus dijalankan. Trader juga tidak begitu fokus dengan pasar dan hanya akan memikirkan profit besar saja. Saat sudah untung beberapa kali, lebih baik berhenti lebih dulu. Hal ini akan merefresh ulang untuk menemukan strategi selanjutnya.

  1. Jangan Pernah Over Lot

Selalu gunakan lot ideal dengan menyesuaikan dengan modal yang ada. Trader yang over lot biasanya akan melampau kemampuannya. Sehingga perilaku ini akan memberikan dampak kurang bagus karena peluangnya masih sangat beresiko. Lakukan lot dengan bertahap sehingga segala bentuk resiko tidak akan sebesar yang didapatkan pada kemudian hari. Jika memang sudah tidak memiliki kesempatan memperoleh profit, lebih dulu diam saja mengamati pergerakan harga.

  1. Jangan Berfikiran Trading Sumber Penghasilan

Salah satu hal yang bisa digunakan untuk menghadapi Margin Call adalah membuang jauh pikiran jika trading bisa dijadikan sumber penghasilan tetap. Hal ini akan memberikan beban dalam psikologi kamu sehingga akan terus menerus dikejar target. Selama ini pergerakan harga memang sangat sulit diprediksi. Sehingga lebih baik bekerja dan menjadikan trading sebagai bisnis sampingan. Sehingga jika memperoleh hasil dari trading bisa digunakan sebagai investasi kedepannya.

  1. Pakai Dana Dingin

Hal yang menjadi stress para trader ketika Margin Cell adalah dana yang mereka gunakan. Kebanyakan dana yang digunakan merupakan dana pinjaman. Jika terjadi Margin tentunya akan berjuang untuk menutup dana yang hilang tersebut. Lebih baik bersabar dan memakai dana dingin diluar dana kebutuhan pribadi. Sehingga jika memperoleh resiko Margin Cell, trader tidak akan jatuh dan terpuruk.

  1. Terapkan Konsep Trading

Menjalankan trading secara acak-acakan tentunya akan membuyarkan konsep utama. Sehingga para trader semakin tidak memusatkan diri di trading yang sedang dijalankan. Hal ini akan membawa kegagalan besar ke semua trader. Lebih baik mulai menerapkan konsep trading dengan benar sehingga pengelolaan modal, manajemen resiko dan profit akan semakin jelas bisa dirasakan kedepannya.

Itulah beberapa langkah dan tips menghadapi Margin Call yang bisa kamu jalankan. Semoga dengan menerapkannya, kamu akan semakin mudah memetik semua hasilnya.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular