Sunday, May 22, 2022
HomeFundamentalCara Penggunaan Indikator Stochastic Oscillator Untuk Trading

Cara Penggunaan Indikator Stochastic Oscillator Untuk Trading

Setiap trader pastinya mencari salah satu indikator yang paling mudah digunakan untuk memudahkan aktivitas trading. Salah satu indikator yang paling populer di kalangan trader saat ini adalah Stochastic Oscillator. Saat ini banyak para trader pemula yang menggunakan indikator ini karena lebih mudah dipahami dan dimengerti.

Indikator Stochastic Oscillator merupakan salah satu indikator yang digunakan para trader sebagai petunjuk kapan waktu yang tepat untuk menjual atau membeli. Memang indikator ini tidak mampu mendapatkan akurasi hingga 100%. Tentu sebagai trader kamu bisa mengkombinasikan dengan indikator lain agar mendapatkan akurasi mencapai 100%.

Awal Kemunculan Stochastic Oscillator

Sebelum membahas lebih dalam mengenai indikator Stochastic Oscillator, akan lebih baik kalau kamu mengenal sejarahnya. Indikator ini pertama kali dikembangkan pada tahun 1950 oleh George Lane, seorang dokter dan trader saham dan analisis teknikal.

Indikator ini tidak serta merta langsung muncul dalam hitungan hari, George Lane harus mengalami kesulitan yang begitu kompleks saat membaca chart trading. Setelah mengetahui alasan kenapa harga bisa bergerak, George langsung menciptakan indikator sederhana. Hal ini bertujuan untuk mengetahui dan mengenal trend yang ada di pasar.

Butuh bertahun-tahun George Lane untuk mengetahui trend pasar secara konsisten. Selain itu Lane juga berhasil menciptakan analisa trading untuk memudahkan para trader dalam menentukan kapan keluar masuk pasar berdasarkan overbought dan oversold.

Atas hasil tersebut, telah dirumuskan indikator Stochastic Oscillator. Sehingga dengan adanya indikator Stochastic para trader akan terbantu sehingga bisa menghasilkan profit secara maksimal.

Cara Kerja Indikator Stochastic Oscillator

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai cara kerja indikator Stochastic Oscillator. Selengkapnya bisa simak penjelasan berikut ini:

  1. Kegunaan Indikator Stochastic Oscillator

Indikator Stochastic Oscillator digunakan untuk mendeteksi kondisi overbought (jenuh beli) dan oversold (jenuh jual) saat melakukan trading.

Pada indikator Stochastic Oscillator terdapat dua garis yang disebut %K dengan warna biru dan garis %D dengan warna merah dalam isolator. Warna-warna ini memang digunakan untuk memudahkan trader untuk membedakan %K dan %D.

  1. Mengenal Area Overbought dan Oversold

Indikator Stochastic Oscillator ini bekerja pada saat market dalam kondisi sideway. Sehingga para trader harus lebih teliti lagi dalam menerjemahkan sinyal buy dan sell dari indikator ketika melakukan trading.

Selain itu bisa digunakan sebagai referensi ketika sinyal yang muncul searah dengan trend di pasar. Cara kerja Stochastic Oscillator ini lebih sederhana dengan melihat posisi uptrend. Kamu bisa memutuskan untuk buy dan sell ketika posisi downtrend.

  1. Indikator Stochastic Oscillator Untuk Menemukan Divergence

Indikator Stochastic Oscillator selain digunakan untuk overbought dan oversold, banyak dimanfaatkan para trader untuk mencari bearish divergence dan bullish divergence. Bullish merupakan harga cenderung naik dalam periode tertentu.

Dalam forex, pasar bullish digunakan untuk uptrend ketika terjadi kenaikan nilai mata uang pada base currency. Kenaikan ini bisa terjadi karena adanya faktor fundamental ekonomi di suatu negara.

Sementara bearish ini digunakan untuk nilai harga yang cenderung turun pada suatu periode tertentu. Kondisi ini biasa disebut downtrend, dimana suatu pasang mata uang alami penurunan nilai.

Cukup mudah bukan cara kerjanya, poin penting penggunaan indikator bearish ini yaitu lebih banyak belajar dan berlatih untuk mengamati Stochastic.

Kalau kamu ingin mendapatkan kemampuan yang lebih baik, kamu bisa belajar menggunakan akun demo. Sehingga bisa memaksimalkan indikator Stochastic Oscillator, kamu bisa optimal dalam menjalankan aktivitas trading.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular