Sunday, May 22, 2022
HomeFundamentalCara Penggunaan Indikator Relative Strength Index (RSI) untuk Trading

Cara Penggunaan Indikator Relative Strength Index (RSI) untuk Trading

Setiap trader pastinya ingin mencari indikator yang paling mudah untuk trading. Salah satunya kamu bisa mencoba menerapkan indikator Relative Strength Index (RSI). Bahkan banyak trader pemula yang memilih untuk menerapkan indikator ini saat trading karena lebih mudah dipahami dan dijalankan.

Indikator Relative Strength Index pertama kali dikenalkan dan dikembangkan oleh seorang insinyur mesin J. Welles Wilder, Jr pada tahun 1978. Namun Welles Wilder lebih dikenal sebagai analis teknikal yang berhasil melahirkan RSI dan berbagai indikator terkenal lainnya.

Sebenarnya indikator RSI ini hampir sama dengan indikator Stochastic yang sudah dibahas sebelumnya. Kali ini akan fokus untuk membahas mengenai penggunaan Relative Strength Index lebih detail.

Cara Kerja Indikator Relative Strength Index

Indikator Relative Strength Index ini bisa dimanfaatkan para trader untuk memprediksi kondisi overbought (jenuh beli) dan oversold (jenuh jual).

Indikator RSI berada di posisi 30 menunjukkan kalau pasar dalam kondisi overbought (jenuh beli). Sementara Indikator Relative Strength Index berada di atas 70% menunjukkan kalau pasar oversold (jenuh jual).

Indikator Relative Strength Index biasanya digunakan untuk mencari sinyal sell dan sinyal buy. Sinyal buy biasanya ditunjukkan ketika indikator RSI sudah ada di posisi oversold, sementara sinyal sell dicari ketika indikator RSI sudah ada di posisi overbought.

Jadi ketika Indikator RSI menunjukkan turun di bawah 70% (area overbought) dikonfirmasi sinyal sell. Ketika Indikator Relative Strength Index naik di atas 30% (area oversold) di konfirmasi sinyal buy.

Indikator RSI memang tidak seagresif indikator Stochastic. Indikator Indikator Relative Strength Index ini tidak cocok untuk para trader yang agresif. Mengingat indikator ini jarang memunculkan sinyal sell atau sinyal buy. Sehingga para trader yang ingin melakukan transaksi sesering mungkin disarankan untuk tidak menggunakan indikator RSI.

RSI ini memang jarang memunculkan sinyal, hanya muncul ketika ada pergerakan yang panjang. Jadi indikator RSI ini sangat cocok untuk para trader yang lebih sabar dan kalem untuk menunggu sinyal RSI sebelum transaksi.

Tips menggunakan Indikator Relative Strength Index untuk buy

Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan saat mengandalkan indikator RSI untuk antisipasi ketika ada fake signal. Selengkapnya bisa simak penjelasan berikut ini :

  1. RSI nilainya harus ada di bawah 30 area oversold
  2. Silahkan untuk menunggu sampai RSI Index naik di atas 30 atau lepas dari area oversold
  3. Pastikan ada candlestick sebagai penguat ketika RSI sudah naik dari area oversold
  4. Silahkan menunggu sampai candlestick sudah selesai atau close
  5. Silahkan entry/buy pada pembukaan candlestick selanjutnya
  6. Tempatkan stop los di bawah swing low tahap terakhir

Ketika stop loss jangan tempatkan persih di swing low yang terakhir. Sehingga untuk antisipasi, silahkan jauhkan sedikit di bawah swing low. Nantinya dengan banyaknya latihan dan pengalaman, trader akan lebih mudah untuk memperkirakan dimana lebih baiknya menempatkan stop loss.

Tips menggunakan Indikator Relative Strength Index untuk Sell

Ada beberapa aturan yang bisa kamu lakukan saat mengandalkan indikator RSI untuk sell. Selengkapnya bisa simak penjelasan berikut ini :

  1. RSI ada di atas 70 area overbought
  2. Silahkan tunggu RSI sudah turun di bawah 70 area overbought
  3. Pastikan ada candlestick bearish sebagai penguat ketika RSI sudah lepas dari area overbought
  4. Silahkan menunggu sampai candlestick sudah close
  5. Silahkan entry/sell pada pembukaan candlestick selanjutnya
  6. Silahkan menempatkan stop loss di atas swing high terakhir.

Demikianlah penjelasan mengenai penggunaan indikator Relative Strength Index untuk trading dengan hasil optimal. Jangan lupa untuk terus belajar dan berlatih menggunakan akun demo sehingga kamu mengenal karakter dan kondisi pasar.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular