Sunday, May 22, 2022
HomeReksadanaBeberapa Manfaat dan Risiko Investasi Reksa Dana

Beberapa Manfaat dan Risiko Investasi Reksa Dana

Secara umum, Reksa Dana didefinisikan sebagai wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio Efek oleh Manajer Investasi.

Reksa Dana adalah wadah yang digunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio efek oleh manajer investasi. Dengan demikian, dana dalam Reksa Dana merupakan reksa dana milik pemodal, sedangkan manajer investasi adalah pihak yang dipercaya untuk mengelola dana tersebut.

Ada Manfaat Dan Risiko Berinvestasi Di Reksa Dana

  • Manfaat

Meskipun investor tidak memiliki dana yang cukup besar, mereka dapat melakukan diversifikasi investasi di Efek sehingga meminimalkan risiko. Reksa Dana memudahkan investor untuk berinvestasi di pasar modal.

Efisiensi waktu

Dengan berinvestasi di Reksa Dana yang dananya dikelola oleh manajer investasi profesional, investor tidak perlu repot memantau kinerja investasinya karena sudah dialihkan ke manajer investasi.

Lebih aman

Selain keempat keuntungan di atas, adakah keuntungan lain yang bisa didapatkan jika Anda berinvestasi reksa dana di awal bulan? Tentu saja. Investor tidak perlu takut tertipu karena uang modalnya diambil.

Pasalnya, di awal bulan, dana investasi reksa dana akan disimpan di rekening bank khusus atau biasa disebut bank kustodian. Artinya uang investor tidak akan diambil langsung oleh Manajer Investasi. Itulah keuntungan berinvestasi reksa dana di awal bulan yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan untuk berinvestasi.

Untuk mendapatkan keuntungan lebih, disarankan agar Anda rutin berinvestasi di reksa dana setiap awal bulan. Tidak perlu nominal yang terlalu besar, asalkan lancar. Dengan demikian, keuntungan akan terakumulasi lebih cepat daripada modal besar tetapi tidak rutin.

  • Risiko

Risiko Penurunan Nilai Unit Penyertaan dan Risiko Likuiditas

Risiko ini menyangkut kesulitan yang dihadapi Manajer Investasi jika sebagian besar pemegang unit penyertaan melakukan pelunasan atas unit penyertaan yang dimilikinya. Manajer Investasi mengalami kesulitan dalam menyediakan uang tunai untuk pelunasan.

Resiko awal

Resiko timbul ketika perusahaan mengasuransikan kekayaan Reksa Dana tidak segera membayar ganti rugi atau membayar lebih rendah dari nilai pertanggungan apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti wanprestasi dari pihak terkait.

Apa Bahaya Jika Tidak Mempertimbangkan Risiko?

Sama seperti produk investasi lainnya, reksa dana merupakan produk investasi yang berisiko. Kerugian tersebut terjadi karena berbagai faktor. Misalnya reksa dana pendapatan tetap yang memuat obligasi, baik Surat Utang Negara (SUN) maupun obligasi korporasi. Salah satu risiko obligasi adalah default yang dapat terjadi pada obligasi korporasi.

Ketika perusahaan penerbit obligasi gagal membayar, maka akan berdampak pada harga obligasi yang kemudian mempengaruhi harga satuan reksa dana. Bila ini terjadi, calon investor berpotensi menderita kerugian jika harga unit reksa dana turun atau lebih rendah dari harga saat pembelian. Saat itulah risiko yang sebelumnya diabaikan benar-benar terjadi.

Salah satu cara untuk mengantisipasi risiko ini adalah dengan membaca SL dan mempelajari efek apa yang dikelola manajer investasi di reksa dana. Selain itu, mengetahui profil risiko juga dapat menentukan alokasi dana investasi dan jenis reksa dana yang dipilih.

Macam-Macam Reksa Dana

Reksa Dana Pasar Uang Reksa Dana jenis ini hanya berinvestasi pada Efek Bersifat Utang yang berjangka waktu kurang dari 1 (satu) tahun. Tujuannya untuk menjaga likuiditas dan menjaga permodalan.

Reksa Dana Pendapatan Tetap (Fixed Income Funds) Reksa Dana jenis ini menginvestasikan paling sedikit 80% asetnya dalam bentuk Surat Utang. Tujuannya adalah untuk menghasilkan tingkat pengembalian yang stabil. Reksa Dana Saham adalah Reksa dana yang menginvestasikan paling sedikit 80% asetnya dalam bentuk Efek Bersifat Ekuitas.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular