Sunday, May 22, 2022
HomeReksadanaMengapa Reksadana Pasar Uang Itu Terbilang Sangat Menguntungkan

Mengapa Reksadana Pasar Uang Itu Terbilang Sangat Menguntungkan

Investasi merupakan pilihan terbaik yang kini diambil banyak orang saat menyimpan ataupun menambah kekayaan mereka. Kelebihan dari nilai investasi tentu saja memperoleh keuntungan lebih besar dibandingkan kita menabung biasa. Ada banyak sekali jenis investasi yang mampu dijadikan pilihan menurut kebutuhan. Hanya saja semakin banyak jenisnya justru membuat mereka bingung menentukan pilihan. Hingga akhirnya reksadana pasar uang menjadi pilihannya.

Mungkin banyak yang merasa penasaran akan pengertiannya. Dimana reksadana pasar uang ini merupakan salah satu jenis reksadana yang menginvestasikan semua uang investornya dalam pasar uang. Instrument dari pasar uang ini biasanya berupa surat berharga yang jatuh temponya masih kurang dari satu tahun. Adapun instrument yang sangat diminati biasanya sertifikat Bank Indonesia ataupun obligasi.

Apabila anda membandingkannya dengan jenis reksadana lain maka reksadana pasar uang ini resikonya lebih rendah. Investasi yang sudah dilakukan ternyata mudah untuk dicairkan. Meskipun terbilang menjanjikan sekali ternyata keuntungan yang diperoleh tidak sebesar jenis reksadana yang lain.

Keuntungan Dari Investasi pada Reksadana Pasar Uang

Setelah memahami tentang pengertiannya, kini anda pun harus mengetahui apa saja keuntungan dari investasi tersebut. Dimana beberapa keuntungan investasi reksadana pasar uang diantaranya:

  • Keuntungannya memang lebih besar

Keuntungan yang mampu didapatkan dari investasi ini sekitar 6 persen sampai 7 persen setiap tahun. Jika kita membandingkannya dengan menyimpan uang dengan menabung maka nilai bunga yang didapatkan begitu kecil. Bahkan apabila nominal tabungannya masih kurang dari satu juta rupiah maka bunga yang diperoleh hanya nol persen. Berbeda lagi jika anda berinvestasi uang pada reksadana. Keuntungan yang mampu anda peroleh bisa berkali lipatnya.

  • Memulai reksadana pasar uang cukup dengan Rp 100.000

Memulai investasi hanya dengan nominal kecil tentu menjadi pilihan banyak orang. Kini reksadana pasar uang menjadi instrument paling cocok bagi siapa pun sebab hanya perlu menyiapkan uang senilai Rp 100.000 saja. Apabila anda sudah memulai investasinya maka keuntungan yang diperoleh pun bakalan berbeda. Semakin besar nominal investasi semakin besar pula jumlah keuntungan didapatkan.

  • Dana bisa di ambil kapan pun

Kelebihan dari jenis reksadana ini memang tida ada pada instrumen investasi yang lain. Apalagi terkait flesibilitas dalam pengambilan uangnya. Dana yang sudah anda investasikan ternyata bisa diambil kapan saja tanpa adanya jangka waktu tertentu. Proses pencairannya juga terbilang mudah sekali dilakukan. Kini uang pun bisa ditarik tanpa adanya denda sepeser pun.

Kenali resiko dari reksadana pasar uang

Tadi kita sudah membahas mengenai keuntungannya. Sekarang pembahasan kita pun terkait resiko reksadana pasar uang. Dimana beberapa resiko ini mungkin bakalan terjadi saat melakukan investasi. Adapun resiko dari reksadana tersebut yakni:

  • Resiko gagal dalam pembayaran

Produk dari reksadana pasar uang ini yakni obligasi dengan adanya jatuh tempo kurang dari satu tahun. Obligasi mempunyai kemungkinan dilunasi dalam kurun waktu tepar atau tidak mampu dilunasi. Anda bisa saja mengalami sebuah kerugian berinvestasi. Dari sinilah anda perlu membeli obligasi pemerintah yang terbilang lebih aman disbanding yang lain.

  • Redemption terbilang besar-besaran

Kerugian pada reksadana ini bisa saja terjadi saat investor besar melakukan penarikan uang secara besar-besaran. Misalkan saja jumlah dana pada reksadana pasar uang A sudah mencapai 300 miliar dan dalam waktu bersamaan, investor melakukan penarikan dana sampai 190 miliar. Ini artinya reksadana terpaksa menjualnya sebelum tanggal jatuh tempo. Pastinya harga penjualan masih dibawah harga pasarannya. Inilah mengapa anda bisa mengalami sebuah kerugian saat berinvestasi.

Mempelajari tentang reksadana pasar uang memang penting untuk dilakukan. Dimana nantinya siapa pun anda yang tertarik berinvestasi sudah paham terkait keuntungan sekaligus kerugiannya.

 

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular