Sunday, May 22, 2022
HomeFundamentalApa Trading Plan Itu? Inilah Pengertian dan Kegunaannya

Apa Trading Plan Itu? Inilah Pengertian dan Kegunaannya

Saat akan menjalankan transaksi, kamu memang harus sudah memikirkannya secara matang. Makanya ketika sudah terjun di pasar trading, kamu sudah harus memiliki rencana. Saat menentukan jenis transaksi setidaknya kamu sudah mempersiapkan trading plan. Lalu apa trading plan itu?

Perencanaan saat memutuskan bisa berupa kepastian berupa saham, forex dan komoditas yang memungkinkan menghasilkan profit. Ika direncanakan dengan baik, kamu sebagai trader tentu akan semakin disiplin dan tidak asal ketiga berdagang saham. Transaksi terus terarah dan rencana di masa depan akan bisa didapatkan sesuai target.Kali ini kita akan membahasnya bersama.

Pengertian Trading Plan dan Kegunaannya

Trading plan menjadi sebuah bagian penting dalam pengelolaan modal sehingga akan memberikan kemudahan ketika mengatur dan mengalokasikan modal secara lebih baik. Segala bentuk transaksi trading memutuhkan langkah baik ketika membuka pasar dan menentukan penutupan nilai modal yang diperdagangkan.

Sebenarnya kegunaan plan dalam melakukan trading adalah pengatur rencana supaya tidak keluar target. Sehingga kesempatan ini juga akan memudahkan kamu untuk membaca semua perubahan harga di pasar trading. Inilah sejumlah alasan kenapa kamu harus memakainya.

  • Banyaknya Permasalah

Ketika memutuskan bermain saham, kamu harus memahami jika pasar akan selalu bergejolak. Dengan menggunakan trading plan maka semua resiko dan masalah yang akan timbul bisa segera diatasi. Selama ini kesalah trader adalah terburu-burunya mereka saat membeli. Sedangkan kondisi saat itu nilai harga dalamĀ  posisi naik.

Lalu dalam permasalahan selanjutnya adalah ketika sedang menjual. Kamu tidak merencanakan kapan bisa menjualnya, sehingga buru-buru dan nilainya turun. Kemudian kamu juga harus mengetahui, jual saat harga melambung jangan menjual saat untung saja. Maksimalkan keuntungan jangan mudah puas dengan keuntungan kecil.

  • Menentukan Komponen Trading

Dalam menjalankan trading, ada komponen trading yang harus kamu perhatikan. Pertama kamu harus memperhatikan titik entry. Dengan mengetahuinya maka point yang seharusnya bisa digunakan untuk melihat pasar bisa mempengaruhi penetapan harga terbaik ketika kamu mulai bergerak.

Kemudian mengenai prediksi, dimana trader juga harus bisa memprediksi jangka panjang apakah saham yang sudah dibeli akan bisa menghasilkan keuntungan berlipa. Dan terakhir adalah analisa. Perhatikan pergerakan harga terbaru, nilai mata uang yang diperdagangkan dan manajemen resiko yang mungkin akan menghampiri kedepannya.

Kegunaan Trading Plan

  • Menentukan Titik Exit

Kegunaan trading planĀ  yang pertama yaitu dipakai dalam menentukan titik exit. Sehingga kamu akan lebih mudah memastikan pada titik mana harus mengakhiri transaksi saat pasar dibuka. Tepat tidaknya penetapan titik exit akan memastikan besarnya profit yang akan didapatkan.

  • Memutuskan Stop Loss

Dalam trading kamu harus memiliki batasan dalam memperkecil resiko pasar. Jika sudah memiliki perencanaan matang maka stop loss akan lebih cepat diketahui. Jika salah dalam menetapkan stop loss, kamu tidak akan memiliki peluang mengamankan posisi dan bisa saja rugi kehilangan banyak modal.

  • Menentukan Exit maupun Sell

Kegunaan berikutnya adalah untuk menentukan kapan kamu harus exit maupun sell. Hal ini bisa jadi menjadi sebuah acuan dalam memperkirakan penutupan harga pasar baik untung atau dalam kondisi kurang bagus. Mengingat besar tidaknya profit yang nantinya didapatkan, juga tergantung dari keputusan para trader sendiri.

Itulah pengertian trading plan dan kegunaannya dalam beinvestasi di dunia trading. Analisa dan perencanaan yang matang menjadi sebuah kunci keberhasilan kamu kedepannya. Jika ingin mendapatkan acuan harga terbaik silahkan selalu membacar peluang, tren pasar dan histori pergerakan harga di pasar.

RELATED ARTICLES

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular